Monday, January 3, 2011

Press Release Architects Under Big 3 #9 Rossi Irawan - Post Disaster Architecture

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Jenis kegiatan : Presentasi dan diskusi
Edisi : 8
Tema : Arsitektur Pasca Bencana
Pembicara : Rossi Irawan
Hari/ tanggal : Jumat, 7 Januari 2011
Waktu : 19:00 WITA – 21:00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar, Bali
Telefon : 62 361 242659
Fax : 62 361 242588
Contact person : 62 856 381 5117 (Erika Dyah)
Email : ArchitectsUnderBig3@popodanes.com
Blog : http://ArchitectsUnderBig3.blogspot.com

Bencana alam yang belakangan ini terjadi membuka kembali ingatan tentang bencana besar yang pernah melanda bangsa ini. Bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 24 Desember tahun 2004 silam merupakan sebuah tragedi kemanusiaan yang menelan korban hingga ratusan ribu.

Kekuatan alam yang dahsyat ini juga meluluh ratakan permukaan bumi sehingga menyebabkan puluhan ribu kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya. Dalam tekanan psikolosis akibat hantaman tsunami, manusia kehilangan kebutuhan primernya akan tempat berlindung dan bernaung. Kebutuhan manusia akan bersosial yang terwadahi dalam ujud bangunan hanyut rata oleh tsunami.

Tragedi ini tentunya mendorong seluruh umat manusia untuk membantu mereka para korban. Sumbangan tenaga dan pikiran sangat dibutuhkan untuk membantu mereka keluar dari keadaan yang sulit ini. Pemenuhan terhadap kebutuhan utama mereka akan tempat bernaung menjadi daftar teratas untuk membantu mereka. Hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan keseharian kita yang bergerak dibidang arsitektur. berangkat dari kebutuhan ini pula kemudian dibentuk sebuah tim yang berusaha membantu korban dalam penanganan masalah tempat tinggal.

Salah satunya adalah tim dari kampus Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Kawa Timur untuk membantu urusan penyediaan
tempat tinggal sementara. Secara umum, tim yang berasal dari lab. permukiman arsitektur ITS ini bertugas memberikan gagasan solusi untuk penyediaan tempat tinggal bagi para korban bencana. dan kemudian produk yang dihasilkan adalah berupa rumah tinggal sederhana yang dinamakan R.I.A (Rumah ITS untuk Aceh). Rumah ini diberikan secara gratis bagi para korban bencana.

Hal ini sebenarnya mengingatkan kita kembali kepada sisi kemanusiaan kita yang berkaitan dengan peran arsitektur itu sendiri. Arsitektur yang memberikan tempat bernaung dan berlindung, arsitektur yang memanusiakan manusianya.

Tentang Rossi Irawan:
Rossi Irawan adalah putra bungsu kelahiran Surabaya 28 tahun silam. Setelah lulus dari kampus ITS jurusan arsitektur, kini melanjutkan belajar tentang arsitektur di Bensley Design Studios. Menjadi bagian dari tim RIA yang langsung ke lokasi bencana di Kabupaten Calang, Aceh, adalah pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada jumat pertama tiap bulan dan dipersembahkan untuk arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, ruang makan, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada agenda AUB3 di bulan berikutnya.

***

[English Version]

Event name : Architects Under Big 3
Event type : Presentation and discussion
Edition : 8
Issue : Post Disaster Architecture
Speaker : Rossi Irawan
Day/ Date : Friday, 7 January 2011
Time : 7 – 9 pm
Venue : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar, Bali
Phone : 62 361 242659
Fax : 62 361 242588
Contact person : 62 856 381 5117 (Erika Dyah)
Email : ArchitectsUnderBig3@popodanes.com
Blog : http://ArchitectsUnderBig3.blogspot.com

The recent natural disasters have been happening lately has reopened our memories of other disasters that has happened to our nation. The Tsunami destroyed Aceh on 24th December 2004 was a monstrous disaster. That tragedy has victimised more than thousands, causing them to lose their homes.

This tragedy certainly encouraged all humanity to help those in need. The fulfillment of their primary need of shelter is on top of the list. Departing from these needs, some teams have been initiated to assist victims in handling housing issues. One of those was the Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Team that had trusted by the provincial government of East Java to assist victims in handling temporary housing post disaster. In general, this team that came from the Residential Architecture Lab. ITS was responsible for providing ideas and solutions for the provision of housing for disaster victims. The product result was a simple dwelling named R.I.A (Rumah ITS untuk Aceh---ITS House for Aceh). This house was given for free to those disaster victims.

This major disaster should be enough to ”pinch” our humanity, relating to the role of architecture itself. Architecture provides shelter and refuge, which humanize human. Rossi will share his valuable and unforgettable experience becoming a team member of the R.IA. to the audience on the first Friday of 2011 in Architects Under Big 3 in Danes Art Veranda.

About Rossi Irawan:
Rossi Irawan was born in Surabaya 28 years ago. After graduated as a Bachelor of Architecture from the Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS), he learns about architecture in further in Bensley Design Studios. Became a team member of the R.I.A. and came to the disaster location in Calang, Aceh, was a very valuable and unforgettable experience for Ross.

About Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) is an architectural presentation and discussion held on the first Friday of each month, and dedicated to young architects under 30 years of age. In this activity the young architect is given the opportunity to present their thoughts and works of architecture to the public through non-formal presentation, followed by an informal discussion. Located at Danes Art Veranda, the young architect is given freedom to choose their own space-in the yard , dining room, rooftop, gallery; wherever the place where they feel most comfortable to share their stories with the audience. Through this approach, the young architect and their ideas and works of architecture get the opportunity and space to communicate with a wider audience: both general audience, and audiences from the field of architecture. AUB3 has been set to be one of the IAI Bali monthly agenda, and each participant who works professionally as an architect will get a certificate from the IAI Bali which can be acquired at next month AUB3.

No comments:

Post a Comment