Thursday, April 5, 2012

Press Release Architects Under Big 3 -Closing The Second Year-

PRESS RELEASE 
ARCHITECTS UNDER BIG 3 -Closing The Second Year- 
“Arsitektur Untuk Masa Depan” 

Terkikisnya budaya Indonesia atau keindonesiaan dalam berarsitektur mulai dirasakan meningkat dalam setiap dekade. Dinamika berikutnya yang terjadi adalah adanya usaha-usaha yang masih bersifat sporadis untuk meningkatkan nilai kelokalan sehagai bagian dari pelestarian identitas budaya dalam arsitektur. Para desainer atau arsitek mencoba dengan beragam cara atau metoda dalam menginterpretasikan/memaknai budaya lokal untuk merepresentasikannya dalam desain. Berbagai interpretasi tersebut mewarnai wacana pencarian untuk menampilkan ciri identitas lokal. Beberapa memahami filosofi tentang kelokalan sangat dalam hingga unsur kebutuhan/pelibatan komunitas lokal dalam desainnya pun diutamakan. Hingga ekletisisme sebagai sebuah cara atau kebijakan umum pun menjamur, meski arsitekturnya tanggal fungsi dan miskin makna. Persoalan ini kemudian dirangkum dalam satu tema besar “Arsitektur untuk Masa Depan” dalam rangka tutup tahun kedua Architects Under Big 3 (AUB3).

Menyambut tutup tahun kedua, kali ini Architects Under Big 3 (AUB3) kembali menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk mencoba mencari cara mendekati dan memaknai, serta mengisi wacana melalui workshop, pameran, dan talkshow.

Sebuah workshop arsitektur dengan tema “Conceiving Past Accommodating Future” telah diselenggarakan di bulan Maret lalu. Sebanyak 25 arsitek muda dan mahasiswa arsitektur yang telah mengikuti workshop yang dipandu oleh Deddy Wahjudi akan memamerkan hasil workshop dalam pameran. Para peserta menyajikan peta perancangan public space di beberapa wilayah di kota Denpasar, diantaranya Lapangan Puputan Badung, Lapangan Niti Mandala, Lapangan Kapten Japa, Lapangan Lumintang, dan Pantai Mertasari. Perancangan public space dengan memperhatikan potensi dari masing-masing lokasi bertujuan untuk memberikan ruang interaksi yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dimasa depan. Dengan ini, para peserta diajak untuk dapat memahami lebih dalam tentang fungsi ruang publik kota. Bahwa ruang publik kota telah memainkan peran tersendiri sebagai pusat interaksi masyarakat kota, juga sebagai identitas dan tanda pengenal dari sebuah kota.

Pameran yang akan dibuka pada hari Jumat, 13 April 2012 pukul 19:00 WITA ini akan dimeriahkan dengan penampilan dari band Emergency Exit dan juga penyerahan AUB3 Awards. Rangkaian acara akan ditutup oleh talkshow arsitektur dengan pembicara M. Sagitha dan Ary Indra pada hari Minggu, 22 April 2012 pukul 19:00 WITA.


ARCHITECTS UNDER BIG 3 -Closing The Second Year- “Arsitektur Untuk Masa Depan” 

Architecture Workshop “Conceiving Past Accommodating Future” 
Pemateri : Deddy Wahjudi
Hari, tanggal : Sabtu, 17 Maret 2012
Waktu : 09:00 – 17:00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar

Architecture Exhibition “Conceiving Past Accommodating Future” 
Peserta : Muh. Darman, I Gede Restuyasa, Ni Wayan Nayaswari, Putu Gede Aan Saputra, Ridho Satria Utama, I Gusti Agung Gede Angga Harsawan, Eric Andoko, I Km. Gede Ramadita Adi Pratama, I.B. Angga Pramana Uthama, Rizeki Raharja, I Putu Herry Darmawan, Ni Made Ari Amannika Putri, Pradhana A. W. Pande, Putu Surya Triana Dewi, Shinta Hidayati, Gita Kalvario Turker, I. B. Surya Widya, Juke Janice, Ranis Hasna Devy R., Tjok Gede Dalem, Errik Irwan Wibowo, Gian Luvmi S., Rangga Ensomal, Reno Warzi, Teguh Budiana
Pembukaan : Jumat, 13 April 2011
Waktu : 19:00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar
Periode pameran : 14 – 22 April 2011

Architecture Talkshow 
Pembicara : Ary Indra dan M. Sagitha
Hari, tanggal : Minggu, 22 April 2011
Waktu : 19:00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar

Architects Under Big 3
Phone. +62-361+242659
Fax +62-361-242588
Contact person : Wira Putri (085237023827) & Andesita Oki (08175424643)
Email. ArchitectsUnderBig3@popodanes.com
Blog. http://ArchitectsUnderBig3.blogspot.com
Issuu. http://issuu.com/ArchitectsUnderBig3
Facebook. Architecs Under Big 3
Twitter. @underbig3

No comments:

Post a Comment