Tuesday, September 29, 2015

Press Release : Architects Under Big 3 #66 Handini Kartika Putri

­“LOST” IN LITHUANIA
A story of 10 months living experience in the eastern of Europe – Architecture, social life, student life, strolling around, and more.

Kesempatan untuk tinggal selama 10 bulan di negara orang, memberikan Dini banyak pengalaman baru, mulai dari gaya hidup, kebudayaan, pola berpikir, hidup bersosial, kemandirian, hingga melihat berbagai macam arsitektur yang selama ini hanya bisa dilihat dari layar komputer.  

Lithuania, negara yang terletak di jajaran negara Baltic ini memang masih belum banyak yang mengenal. Melalui beasiswa yang diberikan oleh European Union, Dini datang ke Lithuania dengan berbekal kenekatan. Di tengah banyak keinginan idealis orang-orang untuk memilih tempat studi di negara yang sudah mumpuni di mata masyarakat, Dini mencoba hal lain yang pada akhirnya berujung pada pengalaman-pengalaman baru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Urusan birokrasi pembuatan visa yang mengharuskan terbang ke Beijing pun tidak membuat Dini pantang menyerah untuk mendapatkan kesempatan yang sudah di depan mata. Bersama dengan 4 teman seperjuangan dari Indonesia yang lain, mereka merupakan kaum minoritas orang Indonesia yang tinggal di Lithuania, hal ini lah yang mendorong mereka membentuk PPI Lithuania dan memperkenalkan Indonesia di mata orang-orang Lithuania.  



Lalu apa yang Dini dapatkan disana? Perjalanan yang membuatnya seolah “nyasar” di negara yang belum banyak di pilih orang Indonesia pada khususnya ini memberikan banyak kesempatan untuk memperkenalkan apa yang tersimpan dari negara yang terkenal sebagai “a land of beautiful ladies” ini. Mulai dari bangunan yang menjadi landmark negara ini hingga kehidupan mahasiswa arsitektur di Lithuania dari segi kacamata Dini.  

Tidak hanya di Lithuania, Dini berkesempatan untuk berkeliling ke negara-negara Eropa lainnya sebagai seorang backpacker dimana dalam kesempatan ini membuatnya menemukan bangunan-bangunan arsitektur lain yang menarik untuk ditunjukkan.

Tentang Dini  :
 Handini Kartika Putri atau yang biasa dipanggil Dini ini lahir di Surakarta pada tanggal 26 Juni 1990. Mengenyam pendidikan arsitektur di Universitas Gadjah Mada angkatan 2009 dan menyelesaikannya pada Desember 2014. Pernah bekerja di PT Global Rancang Selaras selama 1,5 tahun sebagai asisten arsitek. Saat ini belajar dan bekerja sebagai arsitek di Popo Danes Architect. 

Di masa kuliah, Dini berkeinginan untuk merasakan pengalaman tinggal di luar negeri sebagai mahasiswi arsitektur dengan mencoba peruntungan melalui beasiswa Erasmus Mundus yang membuatnya berkesempatan untuk merasakan tinggal di Benua Biru selama 10 bulan. Ketertarikan Dini pada travelling berimbas pada pengalaman ruang yang dirasakan secara langsung pada bangunan-bangunan yang selama ini hanya dapat Dini lihat di layar komputer.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 66
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Handini Kartika Putri
Hari, Tanggal : Jumat, 2 Oktober 2015
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-81-238-443-09 (Gian); +62 – 85- 780-1218-68 (Kity)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment