Friday, October 30, 2015

Press Release : Architects Under Big 3 #67 Dhandya Surya Ichsani

­"How To Build An Architectural Firm"
menentukan masa depan nasib seorang Arsitek dalam membela karakter diri dan desainnya

Seseorang yang belajar di dunia arsitektur tentu pasti akan memilih tujuan hidupnya, baik itu setelah lulus kuliah arsitektur atau sedari kuliah sudah dapat menentukan jalur kerjanya masing masing, ada beberapa profesi yang dapat ditempuh dalam hidup jikalau kita sebagai seorang lulusan sekolah arsitektur, antara lain : jadi kontraktor, interior desainer, building management, bahkan di per bankan, atau mendirikan biro konsultan arsitekturnya sendiri? Hal ini sangat beragam cita rasanya, karena peranan dari masing masing profesi sangat berbeda rasanya, hal itu disebabkan tanggung jawab dan ranah kerja dalam disiplin ilmu pada profesinya masing masing.



Menjalani Rutinitasnya sekarang di biro konsultan arsitektur Dhandya sendiri sangatlah tidak mudah, perjalanan demi perjalanan, rintangan dan demi hambatan, kesuksesan belumlah kita dapat bilang diraih karena perjalan ini sangatlah panjang, berawal dari rasa malas untuk mengikuti perkuliahan dan dikte terhadap ilmu ilmu yang bersangkutan, hal ini membawa Dhandya untuk lebih termotivasi bergerak kearah seorang pengusaha dalam disiplin ilmunya yaitu arsitektur, Dhandya melakukan kegiatan menabung untuk membentuk satu usaha sedari iya masih kuliah, proyek demi proyek, setelah Dhandya lulus, Dhandya perdalami bidang usaha ini, mulai mencari tahu tentang PT (perseroan terbatas) sertifikasi keahlian profesi, apakah hal hal seperti itu sangatlah penting dalam dunia usaha di bidang ini? Jawabnya memang ternyata sangat penting,ada beberapa hal yang sangat penting dalam membangun biro sebagai landasan usaha salah satunya adalah legalitas, sertifikasi kompeten, lingkar ruang kerja (link), trust, dll yang pastinya nanti akan di bahas sewaktu presentasi.
Arsitek memerlukan manajemen karena arsitek memerlukan goal, apakah goal arsitek itu? Untuk mewujudkan impian menjadi nyata, impian arsitek tidak jauh lebih dari bangunan yang indah dan baik untuk dirancang dengan tepat dan dapat menjadi kebanggaan untuk dirinya sendiri,

Karena arsitek setelah mendirikan sebuah biro mempunyai ketertarikan dalam bisnis arsitektur di bidang lainnya, apa saja tipe bisnis arsitektur itu? Ada bermacam macam, mulai dari kontraktor, manajamen konstruksi sampai interior, dll tentunya. Nanti akan dibahas satu persatu, karena dalam suatu usaha terdapat profit atau keuntungan, di dalam tipe bisnis arsitektur terdapat beberapa profit yang berbeda beda. Karena arsitek memiliki kompentensi dan passion yang bermacam macam,  hal ini yang mempengaruhi salah satu tipe bisnis arsitektur yang akan kita geluti.

Tentang Dhandya:
Dhandya Surya Ichsani atau yang biasa dipanggil Dhandya ini lahir di Bintaro pada tanggal 10 Mei 1988. Mengenyam pendidikan arsitektur di Universitas Bina Nusantara angkatan 2006 dan menyelesaikannya pada 2011. Pernah bekerja di PT. Alindra Jakarta selama 3 tahun sebagai arsitek junior dan PT. Makna Inti  Utama Jakarta selama 1 tahun sebagai Arsitek.
Pada tahun 2013 Dhandya mendirikan perusahaannya dan menjadi Direktur di perusahaan tersebut dengan nama PT. Dhandya Selaras Intuisi Architect yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 67
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Dhandya Surya Ichsani
Hari, Tanggal : Jumat, 6 November 2015
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-81-238-443-09 (Gian); +62 – 85- 780-1218-68 (Kity)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment