Thursday, November 24, 2016

Press Release : Architects Under Big 3 #80 Ivan Hendrata dan Nikita Stephanie

Architects Under Big 3 #80 Ivan Hendrata dan Nikita Stephanie

“Finding Meaning, Finding Purpose as An Architect”

Sebagai arsitek, seseorang perlu memiliki makna dan tujuan dalam menjalani bidang arsitektur. Makna dan tujuan diperlukan bagi tiap pribadi dalam menjalankan pekerjaan atau passion agar pribadi tersebut tetap berada di dalam jalur yang sesuai ketika menjalani rutinitas yang terus berputar. Makna dan tujuan seseorang dalam menjalankan sesuatu dapat berupa banyak hal seperti materi, pembuktian diri, prestise, dan lain lain. Namun terkadang seseorang tersebut dapat lupa bahwa Ia sebenarnya memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar bertujuan untuk materi dan prestise.

Disini kami akan menjelaskan bagaimana pentingnya sebuah tujuan di dalam kehidupan dan juga di bidang arsitektur. Kami akan menceritakan perjalanan kami dalam mencari tujuan yang sebenarnya di dalam hidup kami hingga kami akhirnya terjun di dalam bidang arsitektur.
Dengan segala intelektual dan kreatifitas tersebut, arsitek seharusnya memiliki kemampuan untuk mencapai lebih dari sekedar materi dan prestise. Arsitek seharusnya memiliki makna dan tujuan yang lebih mulia agar dampak arsitek tersebut dapat dirasakan oleh lingkungan sekitar dan masyarakat luas.

Tentang Ivan Hendrata:

Ivan Hendrata lahir di Denpasar 8 Januari 1995, adalah seorang arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 2016. Memasuki bangku kuliah, Ivan Hendrata selalu menunjukan antusiasmenya terhadap bidang perancangan dan desain arsitektur. Beberapa proyek freelance design dan sayembara pun digelutinya. Pada tahun 2015, Ivan Hendrata mengikuti program internship di GFAB, Bali selama 3 bulan. Program ini merupakan program yang diikuti oleh Ivan Hendrata atas inisiatifnya sendiri dikarenakan ketertarikannya pada arsitektur yang dibuat oleh principal GFAB, Garry Fell. Pada tahun 2016, Ivan Hendrata mengikuti program kerja praktik wajib dari perkuliahan di ITB. Ivan Hendrata memilih D-Associates, sebuah biro arsitektur di Jakarta yang beberapa kali memenangkan penghargaan design nasional maupun internasional, sebagai tempat kerja praktik selama 3 bulan. Pada saat itu, Ivan Hendrata mengenal Gregorius Supie Yolodi dan Maria Rosantia sebagai principal dari D-Associates yang banyak memberikan pengetahuan bagi Ivan Hendrata.
Beberapa pencapaian yang didapatkan Ivan Hendrata dalam bidang arsitektur adalah peraih penghargaan Tugas Akhir Terfavorit di Institut Teknologi Bandung pada Bulan Oktober tahun 2016. Pada bulan yang sama, Ivan Hendrata bersama Nikita Stephanie memenangkan juara 2 sayembara nasional, Desain Arsitektur Rumah Wisata, yang diadakan oleh Propan Raya, bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif Nasional. Hasil rancangan oleh Ivan Hendrata bersama Nikita Stephanie ini akan dijadikan alternatif dalam pembangunan rumah wisata di Wakatobi oleh Kementrian Pariwisata yang bekerja sama dengan Kementrian Perumahan Rakyat.

Tentang Nikita Stephanie:

Nikita Stephanie lahir pada 9 November 1993, tinggal dan bersekolah di Kota Bandung, adalah seorang arsitek lulusan Universitas Katolik Parahyangan tahun 2016. Selama di bangku kuliah, Nikita aktif dalam organisasi kemahasiswaan dan beberapa sayembara desain arsitektur. Di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Katolik Parahyangan, Nikita Stephanie beberapa kali mendapat predikat sebagai “Mahasiswa Terbaik dengan IPK Tertinggi”, “Mahasiswa Berprestasi”, dan “The Best Excellent Student”.
Aktif di masa perkuliahan Universitas Katolik Parahyangan selain  dalam kegiatan kemahasiswaan, juga dalam kegiatan akademik mengikuti Workshop Parahyangan Bamboo Nation 2014 di UNPAR, International Green Building Workshop di Universiti Teknologi Malaya, Johor Bahru, Malaysia, dan kegiatan studi banding ke Architecture Department of National University of Singapore (NUS).
Pada setiap waktu jeda antar semester di masa perkuliahannya, Nikita Stepanie aktif mengikuti program full time internship di MSSM Associates (Revano Satria) di Jakarta pada tahun 2014 dan GFAB Architects di Denpasar pada tahun 2015.
Lulus dari Universitas Katolik Parahyangan di tahun 2016, Nikita melanjutkan pembelajarannya lebih lanjut terhadap minatnya pada desain arsitektur dengan mengikuti program University of The Arts London Summer School in Furniture Design di London pada Summer 2016.
Beberapa pencapaian yang didapatkan Nikita Stephanie pada bidang arsitektur adalah memenangkan Best Desain Parahyangan Bamboo Nation 2014, Juara 3 sayembara nasional Desain Rumah Tropis Tepi Danau – Kota Baru Parahyangan dan Pemenang kedua sayembara nasional Desain Arsitektur Rumah Wisata, yang diadakan oleh Propan Raya, bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif Nasional. Hasil Rancangan Nikita Stephanie dan Ivan Hendrata akan dijadikan alternatif dalam pembangunan rumah wisata di Wakatobi oleh Kementrian Pariwisata yang bekerja sama dengan Kementrian Perumahan Rakyat.
Hingga saat ini Ivan Hendrata dan Nikita Stephanie bekerja sama dalam bidang perencanaan arsitektur.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan  : Architects Under Big 3
Edisi : 80
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Ivan Hendrata & Nikita Stephanie
Hari, Tanggal : Jumat, 2 Desember 2016
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon  : +62-361-242659
Fax  : +62-361-242588
Contact Person  : +62-857-2515-5042 (Dini); +62-857-9287-7650 (Eric)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3

Instagram : @underbig3

No comments:

Post a Comment