Wednesday, April 12, 2017

Architects Under Big 3 - Closing The 7th Year - : Talkshow "Architects Time by Time"




Architects Under Big 3 -Closing The 7th Year-
Architects Time by Time


Pada dasarnya, kebutuhan manusia akan semakin beragam dan kompleks seiring dengan perkembangan zaman. Begitu pula dengan perkembangan arsitektur. Awalnya hanya sekedar pemenuhan kebutuhan papan hingga kini menjadi sebuah penunjang ekonomi, penyalur spritualitas, pendukung aksesibilitas manusia, hiburan, dan kebanggaan bagi subyek tertentu.


Indonesia memiliki kekayaan arsitektur yang berlimpah. Dimulai dengan keunikan arsitektur tradisional, bangunan peribadatan, arsitektur vernakular, kolonial, pasca kemerdekaan, hingga beragam langgam arsitektur modern saat ini.

Secara kasat mata, kita dapat melihat bahwa perkembangan arsitektur pun juga dipengaruhi oleh era globalisasi, kemajuan teknologi bangunan, dan kemudahan untuk mengakses informasi. Arsitek sebagai perencana, tentunya memiliki pola pikir dan peran kerja yang berbeda - beda seiring dengan pengaruh tren, kemajuan ilmu, dan perkembangan teknologi. setiap masa memiliki keunikan dan karakter tersendiri yang menarik untuk dipelajari.

Bagi kita arsitek muda tentunya sulit membayangkan bagaimana perjuangan para arsitek senior sebelum era teknologi dan informatika. Bagaimana mereka menemukan, berproses, dan mengimplementasikan idealisme mereka dalam perjalan di dunia arsitektur. Begitu pula para arsitek senior terkadang menggelengkan kepalanya ketika melihat para arsitek muda yang berkembang dan merintis karirnya di era yang serba digital dengan kompetitor yang jauh lebih banyak.

Perkembangan ini dengan sendirinya akan mempengaruhi pola pikir dan menghasilkan berbagai figur yang berpengaruh di setiap era nya. Dimana setiap figur tersebut memiliki cerita tersendiri dalam proses "berarsitektur".

Pembicara:

Baskoro Tedjo
(Baskoro Tedjo Associates)

Prof. Dr. Ir. Putu Rumawan Salain ,M.Si
(Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Udayana)

Riri Yakub
(Atelier Riri)

Widiadnyana
(Somia Design)


Moderator:

   Made Harris Kuncara (Popo Danes Architect)
 Dearista Nooria Kusuma (Popo Danes Architect)



NO ADMISSION FEE

Registration: 


Saturday, 22 April 2017
6 pm - till drop
Danes Art Veranda
Jl. Hayam Wuruk 159 Denpasar



No comments:

Post a Comment