Thursday, January 31, 2019

ARCHITECTS UNDER BIG 3 #105 REZA MAHDI DANISWARA




Block by Block Project:
"Alternative Urban Designing Methodology"


Urban desain di Indonesia menghadapi isu dan tantangan yang besar. Ruang-ruang kota seringkali    tidak menjawab kebutuhan pengguna ruang dan memberikan dampak negatif terhadap berkelanjutan kota tersebut. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan desainer terhadap sosial kultur suatu         daerah dan maraknya pengetahuan barat pada jenjang pendidikan sehingga membentuk ruang-ruang kota  yang asing baik bagi pengguna dan juga pemangku kepentingan.

Untuk mendesain ruang kota yang baik dan berkelanjutan, desain ruang kota memerlukan partisipasi dari semua pihak yang bersangkutan. Project block by block yang dilaksanakan oleh UN-HABITAT    dan bekerja sama dengan pemerintahan Johannesburg, Afrika Selatan membuat model perencanaan ruang terbuka hijau menggunakan game Minecraft sebagai basis partisipasi masyarakat. Dengan menggunakan game Minecraft, pengguna ruang terbuka dapat mendesain secara langsung bentuk ruang kota yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harapan.

TENTANG REZA MAHDI DANISWARA

Reza Mahdi Daniswara (30) merupakan seorang arsitek/ urban planner/ self-proclaimed social urban enthusiast. Reza merupakan lulusan Universitas Parhyangan dan bekerja selama dua tahun di kantorReal-Estate Jakarta. Setelah bekerja selama 2 tahun, lalu melanjutkan studi Perencanaan Kota di Technische Universit√§t Darmstadt (Jerman). Sambil melakukan studinya di jerman Reza juga sempat    bekerja sambilan di sebuah kantor arsitek di Frankurt yaitu,  BB22 Architect and Urban Planning, dan    Haber-Turri Architekten. Kemudian, melanjutkan riset PhD student di Indonesia dan disaat bersamaan  membuat konten video bertema urban melalui platform media sosial bernama URB. 



Jumat - 15 Februari  2019
Jl. Profesor Ida Bagus Mantra No.88 A, 
Ketewel, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 
19.00 - Selesai

Free Snacks. & Free Entry!

No comments:

Post a Comment