Tuesday, September 21, 2010

Post Event Release AUB3 #3 Iwan Sastrawan

Iwan Sastrawan, presenter AUB3 #3

Jumat, 2 Juli 2010, dibuka oleh Bapak Popo Danes, arsitek muda Iwan Sastrawan berbagi dengan kurang lebih 90 orang pendengarnya dalam acara Architects Under Big 3 #3 dengan mengangkat tema ”Make Up Arsitektur” .

Iwan memulai presentasinya dari pertanyaan what, who, when, where and how. Make up arsitektur dijelaskan Iwan bertujuan untuk memperkuat dan membentuk image (identify to strengthen) dari suatu bangunan. Disadari atau tidak, make up arsitektur merepresentasikan orang-orang yang ada di baliknya
karena di balik setiap make up arsitektur pasti akan ada cerita dibaliknya. Make up arsitektur dikatakan Iwan juga sebagai landmark.

Dalam perancangan bangunan ditambahkan Iwan keberadaan make up arsitektur adalah bukan suatu keharusan, suatu bangunan masih dapat berdiri dan berfungsi tanpa adanya make up.

Salah satu penanya dalam forum diskusi AUB3 #3
Iwan memberi contoh aplikasi make up arsitektur melalui beberapa proyek yang ia tangani . Iwan menggarap tema romantisme Kedonganan masa lalu yang dipadu dengan rasa moderen untuk mempercantik lobby The Donga, Kedonganan; tema Gossip Ladies dari pendalaman tema yang ia aplikasikan pada pembatas pembatas kolam renang, devider dan pada pagar dan eksplorasi tema bamboo untuk panel dan pembatas (devider) pada Don Tiing di Canggu, Bali.

Keberadaaan make up bukan dimaksudkan untuk menutupi kejujuran atau kekurangan dalam desain dasar arsitekturnya, justru terintegritas membentuk identitas, karakter, expresi, ciri khas dan kesan dari suatu karya arsitektur.

No comments:

Post a Comment