Sunday, September 26, 2010

Press Release Architects Under Big 3 #6 JUMP! Diversity of Idea and Design Process

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 6
Tema : JUMP! Diversity of Idea and Design Process [Keragaman Ide dan Proses Desain]
Jenis kegiatan : Presentasi dan diskusi
Pembicara : Ayu Tri Prestasia, Dely Hamzah, Andika Priya Utama, Nidia Safiana
Hari/ tanggal : Jumat, 1 Oktober 2010
Waktu : 19:00 WITA – 21:00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar 80235 Bali Indonesia
Telefon : 62 361 242659
Fax : 62 361 242588
Contact person : 62 856 381 5117 (Erika Dyah)
Email : ArchitectsUnderBig3@gmail.com
Blog : http://ArchitectsUnderBig3.blogspot.com


JUMP!
Diversity of Idea and Design Process.
[Keragaman Ide dan Proses Desain]

Memasuki edisi ke – 6 pada bulan Oktober, Architects Under Big 3 akan menampilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Tiga karya, tiga cerita, tiga tim, empat orang arsitek muda.

Ketiga tim tersebut berpartisipasi dalam sayembara desain rumah sudut yang diselenggarakan oleh majalah Housing Estate belum lama ini. Mereka adalah Ayu Tri Prestasia (pemenang 4 kategori Mahasiswa); Nidia Safiana (Pemenang 3 katoegori Profesional) dan Dely Hamzah yang tergabung dalam satu tim dengan Andika Priya Utama (10 besar finalis kategori Profesional).


Mengikuti sayembara arsitektur dirasakan sama seperti memasuki sebuah pasar ide. Seribu kepala, seribu ide, seribu perspektif, juga seribu karya. Karya-karya yang biasanya terbentuk dari gabungan logika, imajinasi, sampai fantasi, dijalin menjadi serangkaian cerita apik melalui proses desain yang juga bisa diibaratkan sebagai proses belajar. Dari yang tadinya kosong menjadi terisi. Dari yang tidak bisa berdiri sampai bisa berlari. Dari yang lemah menjadi kuat. Dari yang kurang sempurna menjadi sempurna. Semuanya campur aduk, berteriak dengan bahasanya sendiri berusaha menjadi yang terbaik.

Dalam proses eksplorasi, probabilitas selalu menjadi hal yang menarik karena muncul dari sudut pandang setiap pemikiran untuk menjawab suatu permasalahan. Mulai dari norma konvensional yang sering dibicarakan, hingga hal-hal yang justru terlupakan. Berusaha untuk digali dan dirangkai menjadi suatu cerita dengan berbagai alur, ritme dan intonasi dalam wadah desain. Melalui sebidang teka-teki untuk dipecahkan dari setiap sudut kemungkinan. Titik awal, arah, dan lompatan strategi yang tak terbatas.

Akan diceritakan bagaimana mereka membaca, menerjemahkan, dan menjawab melalui desain, begitupula cerita mengenai ide dan proses merancang yang dipilih untuk merumuskan desain sebuah rumah tinggal di lahan sudut. Cerita mengenai tiga solusi yang menggambarkan perbedaan cara, sudut pandang, dan idealisme. Dan tidak terlupa, cerita mengenai tiga desain akhir sebuah rumah tinggal sudut yang diterjemahkan dengan bahasa yang berbeda.

Tentang Ayu Tri Prestasia
Kelahiran Tegal, 14 April 1988l. Menempuh pendidikan arsitekturnya di Universitas Gadjah Mada dari tahun 2005 sampai dengan 2010. Kini bekerja di Bensley Design Studios, Bali.

Tentang Dely Hamzah
Pria kelahiran Cianjur, 29 September 1981. Menyelesaikan pendidikannya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada tahun 2005 dan sejak itu pula hingga kini bekerja pada Bensley Design Studios, Bali.

Tentang Andika Priya Utama
Kelahiran Sragen, 27 Januari 1983. Menempuh masa kuliah selama 5 tahun di Universitas Gajah Mada sejak tahun 2001 sampai dengan 2006. Pendiri EC Architecture + Interior [Private studio] di Yogyakarta (2006 – 2007). Pada tahun 2007 hingga kini bekerja di Bensley Design Studios, Bali.

Tentang Nidia Safiana (Dhea)
Kelahiran Bandung, 15 Februari 1986, lulus dari Universitas Parahyangan, Bandung pada tahun 2009. Sejak kelulusan sampai dengan tahun 2010 bekerja pada APTA Design Studio, Bandung sebelum akhirnya bekerja sebagai arsitek pada Bensley Design Studios, Bali hingga kini.

Tentang Architects Under Big 3
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan bulanan pada jumat pertama tiap bulan- yang dipersembahkan untuk arsitek muda usia dibawah 30 tahun. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada agenda AUB3 di bulan berikutnya. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Peserta juga diberi kebebasan untuk memilih ruangannya sendiri -di halaman, ruang makan, rooftop, ruang galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

No comments:

Post a Comment