Monday, January 31, 2011

Press Release Architects Under Big 3 #10 The Story Behind...

Nama kegiatan: Architects Under Big 3
Jenis kegiatan: Presentasi dan diskusi
Edisi: 10
Tema: The Story Behind...
Pembicara: Laksana Eka Semarajana Putra, Bagus Samsu Hartanto, Ricky Sandra Hartantyo dan Dondiet Sigit Prabowo
Hari/ tanggal: Jumat, 4 Februari 2011
Waktu: 19:00 WITA – 21:00 WITA
Lokasi: Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar, Bali
Telefon: 62 361 242659
Fax: 62 361 242588
Contact person: 62 856 381 5117 (Erika Dyah)
Email: ArchitectsUnderBig3@popodanes.com
Blog: http://ArchitectsUnderBig3.blogspot.com

Empat orang arsitek muda akan mengisi Architects Under Big 3 #10 dengan tajuk ”The Story Behind...” Keempat pemuda dari latar belakang berbeda ini akan bercerita mengenai pengalaman mereka mengikuti beberapa sayembara arsitektur bersama-sama dalam satu tim. Mereka adalah Laksana Eka Semarajana Putra, Bagus Samsu Hartanto, Ricky Sandra Hartantyo dan Dondiet Sigit Prabowo..

Cerita mereka bermula dari keterbatasan berarsitektur yang terbatas karena ekspektasi individu. Jiwa muda yang haus akan kreativitas membawa mereka dalam suatu pencarian pada dunia yang lebih luas yang menawarkan kebebasan. Mereka lalu menemukannya dalam dunia sayembara, dunia yang menawarkan kebebasan dalam ekspresi berarsitektur, untuk sejenak merasa bebas dalam arti yang sebenarnya.

Beberapa sayembara yang pernah mereka ikuti diantaranya : Sayembara Taman Awi Panglipuran (juara 1), Sayembara Perpusnas (peserta), Sayembara Bangka Belitung Eco Park (juara 1) dan Sayembara Monumen Situ Gintung (juara III).

Setiap sayembara menghadirkan ceritanya masing-masing; cerita petualangan idealisme, cerita drama tengat waktu dan berlanjut kepada cerita-cerita menakjubkan dibalik pengerjaan tiap - tiap sayembara yang berbeda, dari brain storming konsep hingga pasca sayembara itu sendiri.

Cerita tidak terhenti sampai disitu karena hingga kini mereka masih terus berkompetisi dan sampai cerita ini mampu sedikit memberi motivasi berkompetisi. Bagi para arsitek muda ini sayembara menawarkan dunia idealisme yang luas, suatu barometer kemampuan, suatu pelarian menyenangkan yang berdasar pada subyektifitas. Menjadi suatu wadah yang menampung cara pandang terhadap arsitektur, lansekap, negara, dunia bahkan alam semesta.


Tentang presenter:

Laksana Eka Semarajana Putra
Singaraja, 15 April 1984 I Universitas Udayana I Architect @
Frangipani6 Design Studio

Bagus Samsu Hartanto
Jakarta, 2 Mei 1984 I Universitas Gadjah Mada I Architect @
Frangipani6 Design Studio

Ricky Sandra Hartantyo
Sukoharjo, 26 Mei 1984 I Universitas Brawijaya I Architect @
Frangipani6 Design Studio

Dondiet Sigit Prabowo
Makassar, 31 Oktober 1983 I Universitas Udayana I Architect @
Frangipani6 Design Studio


Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada jumat pertama tiap bulan dan dipersembahkan untuk arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, ruang makan, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada agenda AUB3 di bulan berikutnya.

No comments:

Post a Comment