Monday, January 2, 2012

Press Release : Architects Under Big 3 #21 Fajar Ikhwan Harnomo


Architects Under Big 3 #21 Fajar Ikhwan 
Ruang - Ruang Bersama

Berkesempatan mempelajari lebih dalam tentang filosofi desain arsitektur lewat sebuah kompetisi desain, hingga terlibat langsung di tengah isu-isu "ruang kota" yang muncul, membuka rasa ingin tahu Fajar dalam membaca dan mempelajari fenomena kota untuk kemudian coba diterjemahkan lewat perspektif arsitektur. Bagi Fajar, hal tersebut merupakan sebuah perjalanan hidup yang mempengaruhi dirinya secara pribadi. Memunculkan pandangannya bahwa sesungguhnya arsitektur itu lebih dari sekedar memandang style, mengakomodir tren, ataupun berbicara tentang eksklusifitas sebuah karya arsitektur itu sendiri.

Berbicara mengenai isu – isu progresif yang bermunculan di dalam masyarakat, ruang edukasi adalah hal dari sekian banyak ruang penting lain untuk diperhatikan. Dengan mencoba menghadirkan sebuah ruang bacaan yang bersifat edukatif dan rekreatif, diharapkan dapat memberikan stimulus positif sebagai ‘ruang’ baru bagi pendekatan proses edukasi di masyarakat.

Selain itu, dengan menyelami ruang – ruang khalayak, Fajar juga berkesempatan untuk terlibat dengan para aktivis / penggiat kreativitas lainnya dalam mencoba menciptakan bentuk – bentuk apresiasi terhadap pemikiran – pemikiran yang baru bagi ruang kota untuk bersama. Pengalaman tersebut memberinya pelajaran berarti akan sebuah proses berarsitektur. Bagaimana membaca masalah dengan teliti, mendalami dengan melibatkan diri dalam sebuah proses perenungan.

Tentang Fajar Ikhwan Harnomo :
Fajar Ikhwan Harnomo, yang akrab disapa Fajar, lahir di Bandung , Juni 24 tahun yang lalu. Menyelesaikan studi arsitekturnya dari Institut Teknologi Nasional Bandung pada tahun 2010. Pada tahun 2007, Fajar menjadi bagian dari tim desain “Jawa Tengah Learning Center Design Competition” bersama Baskoro Tedjo dan meraih juara 1. Pemuda yang saat ini bekerja di GFAB Architects Pte.Ltd, Bali memiliki hobi fotografi, bersepeda, membaca, dan traveling.

Tentang Architects Under Big 3 :
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada hari Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, dek, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama Kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 21
Jenis Kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Fajar Ikhwan Harnomo
Hari / Tanggal : Jumat, 6 Januari 2012
Waktu : 19.00 WITA – 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar 80235, Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person :  +62-852-370-23827 (Wira Putri), +62+817-542-4643 (Andesita Oki)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3

No comments:

Post a Comment