Tuesday, August 5, 2014

Press Release : Architects Under Big 3 #52 Andre Pradiktha

"Architecture Under New Wave"

Dewasa ini dunia arsitektur seakan sudah mengalami titik puncak  dalam segi inovasi desain, hal ini disebabkan oleh arus informasi  dan perkembangan keprofesian yang sangat pesat, dan mungkin terlalu pesat, terutama pada arsitektur modern. Untuk berinovasi sudah  semestinya kita melihat esensi dari arsitektur itu sendiri. Dari  sistem alam, arsitektur lahir dan menjadi pelengkap kebudayaan manusia dari zaman purba, hingga sekarang. Kebudayaan merupakan kebutuhan hidup dan kebudayaan setempat lah yang menjadi akar kebutuhan kita, begitu pun dengan arsitektur. Bila kita ingin berinovasi mulailah dari esensi budaya setempat.

Architecture Under New Wave menggambarkan tentang pergantian Arsitektur dalam gelombang lama ke gelombang yang baru, kita mau tidak mau terseret pada arus ini. Selama ini kita sudah disuguhkan dan bahkan menggunakan arsitektur modern sebagai acuan berkarya, banyak ditelurkan oleh arsitek dunia, namun dalam menyambut masa depan, kita selalu penasaran akan seperti apakah arsitektur selanjutnya di masa yang akan datang, bagaimana mendapatkan pencerahan untuk keluar dari arsitektur yang stagnan dewasa ini, dan apakah kita hanya  menunggu untuk terseret perubahan atau berusaha untuk menciptakan perubahan itu.


Dalam Architecture Under New Wave Andre akan mengajak kita untuk berdiskusi mengenai
Usaha untuk menghadirkan kronologis dan mengangkat isu tentang gelombang baru arsitektur yang mungkin terjadi di masa depan, menjadi refleksi sekaligus inspirasi bagi profesi arsitek dalam menghadapi tantangan kedepan. Architecture Under New Wave berisikan paparan ilustrasi dan lebih bersifat intermezo.


Tentang Andre :
Andre Pradiktha Winawan Putu atau biasa yang dipanggil Andre, lahir pada 8 Oktober 1991 di Denpasar. Menyelesaikan studi arsitekturnya di Universitas Udayana pada tahun 2013. Pemikiran Andre mengenai dunia Arsitektur saat ini yang seakan sudah mengalami titik puncak dalam segi inovasi desain yang disebabkan oleh arus informasi dan perkembangan keprofesian yang sangat pesat, dan mungkin terlalu pesat terutama pada arsitektur modern memunculkan teori pada benak Andre mengenai Architecture Under New Wave yang terdiri dari beberapa poin pemikiran yakni bagaimana Arsitektur merupakan sebuah sitem, dimulai dari mimpi, imaji dan keserakahan, Modernitas Industri, dan pada akhirnya menimbulkan aliran baru yang di sebut Arsitektur Alien yang pada akhirnya akan menimbulkan tren baru di masa depan.


Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 52
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Andre Pradiktha Winawan Putu
Hari, Tanggal : Jumat, 08 Agustus 2014
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-81-999-4014-12 (Tita); +62 – 85- 935-3747-39 (Nano)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment