Friday, July 22, 2016

Post Event Release: Architects Under Big 3 #75 Vastu Studio


 Presenter AUB3 #75, Vastu Studio (Dika dan Dhira)

Pada Jumat tanggal 22 Juli 2016, AUB3 telah mencapai edisi yang ke 75 dan dihadiri oleh sekitar 50 peserta. Kali ini AUB3 menghadirkan presenter yang berasal dari kota kembang, Bandung, yakni Vastu Studio. Studio yang terdiri dari 4 anggota, Belly Munandar, Davin, M. Harsyadika, serta Andhira Raydhania Putri menceritakan tentang pengalaman mereka dalam mengelola konsultan arsitektur sesaat setelah lulus kuliah. Namun sayangnya, presentasi ini hanya dihadiri oleh M. Harsyadika dan Andhira Raydhania sebagai perwakilan dari Vastu Studio dikarenakan adanya halangan 2 orang di antara mereka. Di sini arsitek – arsitek muda tersebut berusaha membandingkan pengalaman mereka antara bekerja di bawah naungan sebuah perusahaan yang sudah mapan, dengan berkarya secara pribadi. Strategi mempertahankan keberlanjutan biro, bagaimana mereka dalam mengalami masa paceklik, tujuan jangka pendek – menengah – jauh, serta kesalahan sekaligus keputusan yang diambil selama 1,5 tahun berkarya dibagikan secara terus terang kepada semua peserta AUB3.






Audiens AUB3 #75

Presentasi berlanjut ke sesi diskusi yang cukup aktif. Pertanyaan pertama datang dari Herdi, seberapa besar dampak perbedaan kualitas visualisasi dalam proses kesepakatan suatu proyek. Pertanyaan yang cukup menarik, mengingat betapa dalam proses perkuliahan nilai kualitas desain sering dikaitkan dengan kualitas produksi gambar presentasi. Vastu Studio berpendapat, atau lebih tepatnya bercerita, selama ini kualitas visualisasi bukanlah yang memegang peranan penting dalam kesepakatan proyek dengan klien, Justru, pemahaman budgeting lebih mampu diterima klien sebagai bahan pertimbangan desain sang arsitek.

Pertanyaan berlanjut dari Dini, darimana Vastu Studio memperoleh klien mengingat mereka merupakan konsultan arsitek yang masih terbilang cukup muda yang notabene belum mempunyai cukup portfolio untuk memikat hati klien. Dalam hal ini, Vastu Studio memperoleh klien dari koneksi antar teman, sehingga klien pun sudah mengerti kondisi dan kualitas dari desain mereka.

Pertanyaan berikutnya berasal dari Aci mengenai konflik apa yang terjadi di dalam suatu biro yang terdiri dari lebih dari 1 kepala. Seperti kita ketahui, arsitek adalah profesi yang leader oriented dimana semua keputusan idealnya berpusat dari satu sumber. Konflik desain memang sering terjadi, namun seiring berjalannya waktu, setiap personal mampu memahami dan berkompromi dengan desain individu lainnya.

Mona pun mengajukan pertanyaan mengenai tanggapan orangtua terhadap keputusan yang diambil oleh mahasiswa yang baru lulus, umumnya seorang fresh graduate diharapkan memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap dan di bawah seorang pembimbing yang baik. Hal ini pun tidak menjadi sebuah permasalahan besar bagi para anggota Vastu Studio dengan para orangtua mereka.

  
  



Para Penanya AUB3 #75

Diskusi berikutnya datang dari Erik yang bertanya bagaimanakah membagi waktu sedangkan masing-masing anggota dari Vastu Studio mempunyai kegiatan lain di luar proyek dari Vastu Studio itu sendiri. Dika sebagai perwakilan dari Vastu Studio memberikan penjelasan bahwa dia belum pernah menghadapi kondisi yang seperti itu, selama ini ia selalu mempunyai kegiatan yang tidak overlapping dengan kegiatannya yang lain. Pertanyaan terakhir diberikan oleh Mujahid yang bertanya apakah Vastu Studio mempunyai tujuan jangan pendek, menengah, ataupun panjang, dan apakah ada keinginan untuk mempunyai sebuah kantor sendiri kelak. Arsitek pada umum nya menginginkan untuk mempunyai sebuah kantor sendiri, begitu pula Vastu  Studio yang mempunyai keinginan untuk mendirikan sebuah kantor dimana semua anggota bekerja bersama-sama di suatu tempat nantinya. Mereka pun mempunyai tujuan utama untuk menjadi sebuah studio desain dan dokumentasi yang mumpuni di bidangnya.

Acara malam ini pun ditutup dengan sesi foto dan pembagian sertifikat kepada para presenter AUB3 #75.

Pembagian sertifikat AUB3 untuk presenter AUB3 #75


Presenter serta para peserta AUB3 #75





No comments:

Post a Comment