Thursday, July 28, 2016

Press Release : Architects Under Big 3 #76 Hanief Wicaksa

Architects Under Big 3 #76 Hanief Wicaksana

Pesawat Kertas”

Presentasi Bocah-Bocah yang Nyaris Mendesain Bandara dan Beberapa Bangunan Lainnya

Hanief yang merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada ini mempunyai cukup pengalaman dalam mengerjakan beberapa proyek sendiri maupun dalam tim. Dengan harapan dapat melihat sama-sama bagaimana ia dan teman-teman nya berproses selama ini, hanief bermaksud untuk menceritakannya secara kronologis bagaimana ia dari seorang bocah lulusan SMA yang belum bisa apa-apa, hingga perjuangan menjadi arsitek muda seperti pada saat ini. Pengalaman Hanief dalam berkarya pun patut untuk dibagikan secara luas dan mendalam, seperti karya-karya nya pada Sayembara Desain Fasad BMT Bima sebagai sayembara pertama nya, FuturArc Prize 2012 yang membawa Hanief memiliki kesempatan untuk magang di Urbane - Bandung, 4 nominasi berturut-turut sepanjang 2014, serta kesibukan dunia kerja yang sesungguhnya di tahun 2015.

Belakangan ini, Hanief sedang mengikuti desain sayembara Bandara Mali, Alor, dengan judul karya "Alor Garden Terrace Airport". Tim ini terdiri dari 9 orang, dengan Bapak Victor Febrian Wicaksono dari PT. Global Rancang Selaras sebagai pembimbing. Sisanya adalah sekumpulan bocah fresh-graduate yang kebetulan berasal dari kampus yang sama, antara lain Gery Dwi Samudra, Muhammad Fadlil, Gata Guruh Mahardika, Shandy Cahyo Nugroho, Reza Arlianda, Rizki Bhaskara, Kadek Novyani, dan ia sendiri, Hanief Wicaksana. Karya ini baru saja mendapat penghargaan sebagai karya favorit di acara Malam Arsitektur Nusantara 2016 oleh Propan, di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Juli 2016.

Hanief akan bercerita dan menjabarkan secara lebih mendalam bagaimana proses tim nya saat mengerjakan desain ini mengingat anggota tim berpencar di beberapa kota yang berbeda. Sebagai orang awam dalam bandara, banyak sekali masalah yang mereka hadapi. Mereka bahkan mengalami hal yang sedikit menggelikan karena mereka baru sadar satu hari setelah pengiriman bahwa denah yang mereka cetak terbalik. Bagian ini ia rasa akan sangat menarik, apalagi mereka mengerjakan hampir semuanya via diskusi WhatsApp dan Facebook, serta saling kirim file via Google Drive.
Mereka berharap apa yang mereka persiapkan akan berlanjut menjadi satu diskusi yang menarik dengan teman-teman, terutama para arsitek muda.


Tentang Hanief:

Pria yang bernama lengkap Hanief Pitoyo Wicaksana ini lahir di Yogyakarta, 10 Oktober 1991. Menghabiskan 18 tahun hidup di Bali, hingga akhirnya kembali ke Yogyakarta untuk kuliah. Lulus dari jurusan teknik arsitektur Universitas Gadjah Mada pada 2014, dan bergabung dengan VPM Architect di akhir tahun yang sama. Hanief keluar dari VPM Architect pada 2016 dan sementara memilih menggiatkan diri di Bali dengan mengerjakan berbagai proyek freelance, serta mengikuti beragam sayembara arsitektur dan perancangan kawasan sambil berusaha mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah. Ia pernah memperoleh juara ketiga FuturArc Prize Student 2012 "Kampung Tambang” yang dipublis secara internasional. Selain itu, Hanief pun juga sering mendapat penghargaan-penghargaan kompetisi arsitektur lainnya dalam skala nasional maupun internasional. Karyanya yang lain dapat dilihat di hanjavacana.blogspot.com.

Tentang Architects Under Big 3:

Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 76
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Hanief Wicaksana
Hari, Tanggal : Jumat, 5 Agustus 2016
Waktu  : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi  : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-857-2515-5042 (Dini); +62-857-9287-7650 (Eric)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3
Instagram : @underbig3

No comments:

Post a Comment