Tuesday, September 21, 2010

Post Event Release AUB3 #2 Ben Sarasvati

Program Manager AUB3, Erika Dyah didampingi presenter AUB3 #2, Ben Sarasvati

Hari Jumat, 4 Juni 2010 Architects Under Big 3 #2 (AUB3 #2) menampilkan Ben Sarasvati yang akrab dipanggil Gus Eben. Di atas dek kayu, sekitar 60 pendengar setia Ben termasuk di antaranya Bapak Prof. Josef Prijotomo, Ibu Sarita Newson, Mr. Pepe Giuseppe dan Ir. Ni Ketut Ayu Siwalatri (Ketua Jurusan Arsitektur Universitas Udayana Bali), menyimak dengan seksama kisah perjalanan Ben sebagai arsitek muda yang sedang merintis karier.

Cerita Ben dimulai dari karya Tugas Akhirnya yang berjudul Pusat Apresiasi Film Indie Di Yogyakarta” yang membawanya kembali dengan gelar Sarjana Teknik (ST) pada tahun 2005 setelah mengenyam pendidikan arsitektur di Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Atmajaya, Yogyakarta sejak 1999. Ben memulai karier di Popo Danes Architect sebagai junior architect pada tahun 2005. Mulanya Ben bertugas membuat maket (architectural model), 3D modeling, site survey dan drafting hingga akhirnya dipercaya sebagai project architect. Sankara Villa di Berawa, Canggu-Bali adalah proyek pertama Ben dan berlanjut pada proyek-proyek arsitektur lainnya diantaranya The Nelayan Villa di Canggu, Bali ;The Kutuh Villas di Kutuh, Bali Selatan; Villa Pantai Lima di Pantai Pererenan, Tabanan, Bali; Holiday Inn Resort Baruna, Kuta, Bali dan yang masih berjalan hingga kini diantaranya The Healing Treasure, Kintamani, Bali; Sheraton Visakhapatnam Seaview Resorts di Visakhapatnam, Andrapradesh, India dimana Ben pertama kali mengenal konsep Vastu Sastra, suatu ilmu struktur dan tata bangunan India Kuno.

Audiens AUB3 #2

Diceritakan Ben, Vastu Sastra diterapkan secara turun-temurun dalam setiap bangunan suci, bangunan publik, rumah dan juga gedung sebagian besar penganut Veda di dunia. Prinsip-prinsip Vastu dapat dijumpai pada bangunan-bangunan kuil suku Inca dan Maya di Amerika, kuil-kuil di Thailand, Myanmar dan berbagai daerah Asia lainnya. Pengetahuan Ben mengenai Vastu Sastra bertambah ketika ia menangani proyek The Wind Flower Pondicherry, di Pondicherry, Tamil Nadu, India Selatan dimana dalam pembangunannya melibatkan konsultan Vastu.

Malam semakin pekat, Ben melanjutkan cerita pengalamannya sebagai freelance architect disamping rutinitas sehari-harinya sebagai arsitek Popo Danes Architect. Luce D’Alma Villa di Senggigi, Lombok; Luce D’Alma Resort di Pulau Gili Trawangan, Lombok dan yang masih berjalan hingga saat ini Infinity Bunaken di Manado, Sulawesi Selatan adalah diantaranya.

Satu jam terlewati untuk bercerita, penonton selanjutnya dipersilakan untuk bertanya pada Ben. Konsep Vastu Sastra yang diceritakan Ben rupanya menarik perhatian penonton yang sebagian besar menanyakan mengenai konsep Vastu.

Bintang Tamu AUB3 #2, Bapak Josef Prijotomo

Bintang tamu Architects Under Big 3 #2, Bapak Josef Prijotomo selanjutnya membagi pengetahuannya. Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, ini bercerita mengenai pengajaran arsitektur di Indonesia, memberi masukan pada arsitek muda cara menghadapi klien dan tips-tips sederhana. Mengutip kalimat Bapak Josef Prijotomo: "Jangan pernah menyalahkan siapa pun kecuali diri sendiri, karena perubahan tidak akan pernah terjadi jika hanya mengharapkan perubahan dari orang lain, melainkan dari diri sendiri".

No comments:

Post a Comment