Monday, March 7, 2011

Press Release Architects Under Big 3 #11 Sakti Soediro

Nama kegiatan: Architects Under Big 3
Jenis kegiatan: Presentasi dan diskusi
Edisi: 11
Tema: Arsitek Lepas
Pembicara: Sakti Soediro
Hari/ tanggal: Jumat, 11 Maret 2011
Waktu: 19:00 WITA – 21:00 WITA
Lokasi: Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar, Bali
Telefon: 62 361 242659
Fax: 62 361 242588
Contact person: 62 856 381 5117 (Erika Dyah)
Email: ArchitectsUnderBig3@popodanes.com
Blog: http://ArchitectsUnderBig3.blogspot.com


Menjadi arsitek lepas tidak terikat pada institusi manapun dengan begitu dini tidaklah semudah yang dibayangkan. Butuh lebih dari sekedar ”siap” sebelum memutuskan menjalani profesi sebagai seorang arsitek lepas. Namun bagi Sakti Soediro, perempuan kelahiran Jakarta 26 Januari 1981 ini, menjalani profesi sebagai arsitek lepas dirasanya merupakan opsi paling sempurna untuk menjadikannya tuan atas bakat dan kemampuannya. Ia sudah pernah merasakan bagaimana bekerja penuh waktu yang justru tidak bisa mengakomodasi kebutuhan psikologinya dan keinginan memaksimalkan proses berkreatifitasnya.

Tahun ini Sakti memasuki tahun ke-4 menjalankan profesi sebagai arsitek lepas di Bali. Dalam rentang waktu itu, sisi gelap terang profesi arsitek lepas telah ia rasakan. Kecepatan dan ketepatan mengambil keputusan adalah pelajaran pertama dan untuk selamanya. Membangun jaringan adalah absolut. Dispilin waktu dan hidup sehat wajib hukumnya.

Seni dan arsitektur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perempuan yang gemar bercocok tanam ini. Disamping berarsitektur, perempuan enerjik ini juga mengerjakan beberapa proyek berbasis komunikasi visual seperti fotografi & company branding. Dalam bidang tulis-menulis, disela-sela penulisan buku foto dan arsitektur Bali pertamanya, Sakti juga aktif menjadi kontributor tetap jurnal arsitektur dialmamaternya. Sampai hari ini masih terus aktif jalan-jalan dan senang mengamati arsitektur-arsitektur peninggalan yang terserak diBali.

Berbagi cerita lebih lanjut tentang indahnya bekerja sebagi desainer lepas sambil jalan-jalan diBali bersama Sakti Soediro di Architects Under Big 3 #11 di Jumat kedua bulan Maret tanggal 11 Maret 2011 pukul 7 malam di Danes Art Veranda.

Tentang Sakti Soediro:
Menyelesaikan studi arsitekturnya dari Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta pada tahun 2004. Sakti melewati satu tahun pertama setelah kelulusannya dengan bekerja sebagai junior arsitek di TEKSTUR, sebuah studio Arsitektur berkembang dibilangan Jakarta Selatan. Tahun 2006 melalui sebuah kompetisi fotografi, Sakti meraih beasiswa untuk mengikuti pendidikan singkat tentang Photography and Digital Art di Temasek Polytechnic Singapura. Sakti memutuskan untuk memulai hidup di Bali dan bekerja lepas sebagai seorang arsitek sejak tahun 2007. Dengan segala pahit manisnya sampai hari ini Sakti telah berhasil menyelesaikan beberapa proyek arsitektural beberapa lainnya yang terkait dengan seni dan arsitektur.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada jumat pertama tiap bulan dan dipersembahkan untuk arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, ruang makan, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada agenda AUB3 di bulan berikutnya.

No comments:

Post a Comment