Monday, May 30, 2011

Architects Under Big 3 #14 Rizeki Raharja


’THINGS?’

Bagi saya, berasitektur merupakan sebuah perjalanan panjang. Dalam setiap perjalanan ada persinggahan-persinggahan yang membuat arah perjalanan menjadi berubah atau bahkan mengukuhkan arah. Dan saya percaya setiap langkah kita adalah tentang belajar dan berbagi…


Terlibat dalam proyek penelitian seorang dosen membawa saya kedalam  perjalanan baru bersama orang-orang baru dan tentu saja pemahaman baru tentang berasitektur. Pengalaman bersama teman-teman dari University of Melbourne (Unimelb) dalam memetakan permasalahan di Kricak, Yogyakarta membuat saya memahami bahwa berarsitektur adalah berbuat dan berbagi gagasan untuk hal yang lebih baik dan membaginya. Apakah ini dibangun sekarang, besok atau entah kapan akan menjadi persoalan yang lain. Pengalaman tersebut akan saya bagi pada 3 Juni 2011

Salam,
Rizeki

Tentang Rizeki Raharja :
Menyelesaikan studi arsitekturnya di Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta pada tahun 2009. Rizeki sudah memulai kegiatan berarsitekturnya semenjak masa perkuliahan dengan menjadi turut ambil bagian dalam beberapa proyek komersil dan proyek kolaborasi dengan beberapa lembaga. Keterlibatan Rizeki dalam proyek kolaborasi dengan mahasiswa University of Melbourne membuatnya mencoba untuk terlibat dalam proyek inisiasi desain sampai saat ini.

Melewati tahun pertama kelulusannya dengan bergabung pada NataGhra Architects, Indonesia Sempat membangun sebuah studio mandiri bersama seorang sahabat yang diberi nama Haminsidji. Kemudian pada tahun 2010 memutuskan untuk hijrah ke Bali, kemudian bergabung di Avilla sampai saat ini.

Tentang Architects Under Big 3 :
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada hari Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, ruang makan, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada AUB3 di bulan berikutnya.

____________________________________________
English version :

“THING”
For me personally, architecture-ing is a journey. In every journey, there’re stops over, which can change our direction or even reinforce it. And I believe in every step we’ve made in the same time we also learn and share...

Got involved in a lecturer’s research project led me into a new journey together with new people and unhesitatingly a new understanding of architecture. Experiences I’ve trough with friends from University of Melbourne in problem mapping in Kricak, Yogyakarta, made me understand that architecture-ing is about doing and share ideas for a better things and share it. Is it built today, tomorrow, or whenever that will be another issue.

Regards,
Rizeki

About Rizeki Raharja :
Finished his architecture studi at Universitas Islam Indonesia in Yogyakarta in 2009. He already started his architectural work since studying in university with took part in some commercial project and collaboration project with some institutions. Rizeki involvement in collaborative projects with students from University of Melbourne made hime try to get involved in project design initiation until now.

Passing through his first year after graduation by joined with NataGhra Architects, Indonesia. He had build an independent studio with his bestfriend, named with Haminsidji Then, at 2010, he decided to move to Bali, then join with Avilla until now.

About Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) is an architectural presentation and discussion held on the first Friday of each month, and dedicated to young architects under 30 years of age. In this activity the young architect is given the opportunity to present their thoughts and works of architecture to the public through non-formal presentation, followed by an informal discussion. Located at Danes Art Veranda, the young architect is given freedom to choose their own space-in the yard, dining room, rooftop, gallery;  wherever the place  where  they  feel most comfortable to share their stories with  the audience. Through this approach, the young architect and their ideas and works of architecture get the opportunity and space to communicate with a wider audience: both general audience and audiences from the field of architecture. AUB3 has been set  to be one of the IAI Bali monthly agenda, and each participant who works professionally as an architect will get a certificate from the  IAI  Bali  which can be acquired at next month AUB3.

No comments:

Post a Comment