Saturday, November 26, 2011

Press Release : Architects Under Big 3 #20 Robby Tresna Adiputra


“Illustration In Architecture”


Dunia arsitektural bukanlah dunia yang sekedar berbicara mengenai teknik dan estetika maupun fungsi belaka, namun ada sebuah dunia rasa yang setia menemani segala bentuk faktor dalam arsitektural.

Prosesi desain, rancang bangun bukanlah proses instan, seringkali serangkaian prosesi tersebut harus melewati beberapa tahapan yang cukup menyita usaha tersendiri. Penyampaian sebuah desain dengan ragam filosofi dan fungsinya seringkali harus disampaikan kepada klien yang memiliki ragam latar belakang. Salah satunya dengan ilustrasi arsitektural.

Ilustrasi arsitektural, pada awalnya hanyalah murni sebagai bahasa visual dari sebuah desain arsitektural seorang arsitek kepada klien atau personal di luar pribadinya. Namun perkembangannya, Ilustrasi arsitektural ternyata tidak hanya menjadi media presentasi, namun juga sebagai media promosi dan bahkan sebuah ruang waktu seni tersendiri yang mempu menjadi aliran tersendiri.


Perkembangan ilustrasi arsitektural juga akan berkembang sejalan dengan berkembangnya budaya, teknologi dan  kreativitas dunia arsitektural dan masyarakat. Beberapa dekade lalu, kita dapat melihat seorang Leonardo Da Vinci yang hanya menggunakan media kertas dan charcoal mampu memberikan nuansa klasik namun tetap komunikatif pada hasil desainnya. Berkembang pada tahun 90an, seorang Thomas W. Scheler mengembangkan level Ilustrasi arsitektural pada tahap seni tersendiri dengan menggunakan media cat airnya. Dan kini, media ilustrasi arsitektural tengah dan sudah bergerak dalam ruang digital baik secara 2D maupun 3D.

Namun terlepas dari media yang digunakan illustrator arsitektural, masing-masing karya yang dihasilkan haruslah tetap memiliki prinsip dasar dari sebuah karya ilustrasi arsitektural, yaitu komunikatif dan estetis.

Tentang Robby Tresna Adiputra :
Robby Tresna Adiputra, biasa disapa dengan Robby, lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat 28 tahun yang lalu. Menyelesaikan studi di Jurusan Desain Interior Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung pada tahun 2006. Selepas kuliah Robby bekerja di PT. Intra Cipta Adhistana dan Habitat 5. Saat ini Robby bekerja di Popo Danes Architect sebagai 3D artist impression.


Tentang Architects Under Big 3 :
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada hari Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, dek, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama Kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 20
Jenis Kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Robby Tresna Adiputra
Hari / Tanggal : Jumat, 2 Desember 2011
Waktu : 19.00 WITA – 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar 80235, Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-852-370-23827 (Wira Putri), +62-817-542-4643 (Andesita Oki)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3


No comments:

Post a Comment