Monday, June 27, 2011

Press Release Architects Under Big 3 #15 Errik Irwan Wibowo

Gerilya – Arsitektur

Kawula muda yang belum menjadi siapa – siapa sesungguhnya selalu bersiasat untuk bertahan hidup dalam kerasnya kehidupan dan untuk tujuan kehidupan yang lebih baik yang seringkali harus melawan arus yang lebih besar. Bagi Errik, upaya – upaya bersiasat mereka yang belum menjadi siapa – siapa itulah yang ia sebut “Gerilya”

Sentuhan abad ke-21 memberi warna gerak gerilya yang berbeda dari zaman sebelumnya. Gerilya abad-21 langsung menyentuh aspek pikiran dan pembentukan persepsi. Ia bermain pada ranah ’propaganda’ yang begitu dibantu penyebarannya dengan kecanggihan teknologi informasi. Media penyebarannya dapat melalui musik, fotograsi, film/video, tulisan dan juga komik.

Pikiran serta persepsi menentukan apa yang akan manusia lakukan dan juga bagaimana arsitektur akan berupa. Ketika ‘arsitektur’ sendiri belum mampu berbicara atas persoalan yang muncul maka komik menjadi media yang tepat bagi Errik untuk ‘berbicara’. Dalam pelarian ini pikiran dan tangan mendapat otonomi, bahkan hak subjektif. Pikiran mengolah ide, gagasan, pergulatan batin lalu tangan mengeksekusi melalui goresan dan arsiran.

Secara waktu Errik melalui komiknya mencoba berbicara tentang masa kehidupan berkampus arsitektur, khususnya di Jurusan Arsitektur Unika Soegijapranata Semarang, dan masa kehidupan dunia kerja arsitektur dengan latar dinamika Bali. Pada akhirnya komik berbicara akan suatu hal menyenangkan, humor, menghibur, meskipun ada kesedihan dan keprihatinan dibaliknya. Tapi bukankah kemampuan menertawakan kehidupan ini merupakan suatu pencapaian spiritualitas juga?

Semuanya hadir mengalir begitu saja. Bagi Errik, komik telah menjadi suatu sampul cerita besar dalam prosesnya berarsitektur. Komik juga telah menjadi sarana dalam perang informasi-persepsi. Senjata dalam ‘gerilya-arsitektur’.

Sebuah pameran akan menampilkan komik arsitektur karya Errik mendampingi presentasinya dalam Architects Under Big 3 #15 pada hari Jumat, 1 Juli 2011 pukul 7 malam di Danes Art Veranda.


_________________________________________________________________
Nama Kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 15
Jenis Kegiatan :  Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Errik Irwan Wibowo
Hari / Tanggal : Jumat, 1 Juli 2011
Waktu : 19.00 WITA – 21.00 WITA

Pameran Komik Arsitektur

Pembukaan : Jumat, 1 Juli 2011
Waktu : 19:00 WITA
Periode pameran : 1 - 2 Juli 2011
Jam buka : 08:00 - 17:00 WITA  

Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar 80235 Bali Indonesia
Telefon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62 852 370 238 27 (Wira Putri)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @UnderBig3

No comments:

Post a Comment