Monday, August 1, 2011

Architects Under Big 3 #16 Elvania Alice Da Rosa



Scroll down for English version

Green Architecture
Dimulai dari hal yang sederhana. Dari kesadaran sepenuhnya mengenai pentingnya desain yang berkelanjutan dan arsitektur hijau. Kemudian berlanjut mensosialisasikan ide dan unsur alami lokal di tengah – tengah sikap bangga akan kemewahan dari sebagian besar masyarakat. Sebagai arsitek yang juga bergerak untuk hal manusia, ruang dan waktu, kita sebagai arsitek dapat berpartisipasi dalam hal ini, tidak hanya melakukan kegiatannya di dalam lingkup komunitasnya saja, namun juga kepada masyarakat luas.

 Berorganisasi adalah salah satu cara untuk mengkampanyekan dan mensosialisasikan ide – ide tersebut, saling bertukar pikiran, diskusi, memperluas relasi, dan melakukan kegiatan bersama. Berangkat dari minat dan ketertarikan yang sama di dalamnya, sebuah organisasi dapat menjadi sebuah cara dan jalan untuk membuat suatu perubahan menuju yang lebih baik

Salam,
Alice

Tentang Elvania Alice Da Rosa :
Gadis yang lebih dikenal dengan panggilan Alice, menyelesaikan studi arsitekturnya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada tahun 2011. Alice sudah memulai kegiatan berorganisasinya sejak masa perkuliahan dengan turut menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Arsitektur UAJY Hima Tricaka dan turut menjadi koordinator dalam kepanitian berbagai kegiatan antara lain inisiasi maba Fakultas Teknik UAJY, kompetisi desain poster, dan pameran – pameran lainnya. Setelah lulus, Alice kemudian bergabung dengan Green Architecture Community sebagai event manager sampai saat ini.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada hari Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, dek, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada AUB3 di bulan berikutnya.

[English Version]

Green Architecture
It started from the simplest thing. From fully awareness of the importance concerning sustainable design and green architecture then continues socializing ideas and local natural elements in the middle of luxury proud attitude in most public. As an architect, as we work in the case of humanity, space and time we are pioneer for this matter as well. Not only doing our activities in our community itself but also for the public.

Getting involved in organization is one way to campaign and socialize those ideas. Exchanging ideas, discussion, expand relationships and doing activities together. Departing from the same interests, an organization could open a way to make a change for a better future.

Regards,
Alice

About Elvania Alice Da Rosa :
Elvania Alice Da Rosa, known as Alice has finished her architecture study at Atma Jaya University (UAJY) in Yogyakarta in 2011. Alice has been active in organization since she was in college by joined the student organization at UAJY Hima Tricaka and became committee for some events such as student initiation, poster design competition, and another exhibitions held by UAJY. After her graduation, Alice joins with Green Architecture Community as an Event Manager.

About Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) is an architectural presentation and discussion held on the first Friday of each month, and dedicated to young architects under 30 years of age. In this activity the young architect is given the opportunity to present their thoughts and works of architecture to the public through non-formal presentation, followed by an informal discussion. Located at Danes Art Veranda, the young architect is given freedom to choose their own space-in the yard, dining room, rooftop, gallery;  wherever the place  where  they  feel most comfortable to share their stories with  the audience. Through this approach, the young architect and their ideas and works of architecture get the opportunity and space to communicate with a wider audience: both general audience and audiences from the field of architecture. AUB3 has been set to be one of the IAI Bali monthly agenda, and each participant who works professionally as an architect will get a certificate from the IAI Bali which can be acquired at AUB3 in the next edition.

No comments:

Post a Comment