Monday, August 1, 2011

Press Release Architects Under Big 3 #16 Elvania Alice Da Rosa

Seorang arsitek muda yang baru saja menyelesaikan studinya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta akan mengisi Architects Under Big 3 #16 dengan tajuk “Green Architecture”.


Di masa awal mengenal arsitektur, Alice masih awam dan memiliki pengetahuan dan pemahaman terbatas mengenai dunia arsitektur. Dalam perjalanannya, Alice menyadari bahwa menjadi seorang praktisi arsitektur bukan hanya merupakan masalah penciptaan desain baru semata. Melainkan juga bagaimana untuk menciptakan suatu desain yang berkelanjutan dan hijau. Karena arsitek sebagai perencana dan perancang adalah pucuk tombak yang mempelopori hal ini karena sama – sama bergerak untuk hal manusia, ruang, dan waktu.


Konsep lokal, terutama di Bali, telah memberikan banyak kontribusi terhadap pandangannya mengenai bagaimana konsep hijau dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal-hal sederhana. Dalam arsitektur, Alice melihatnya pada arsitektur tanah dan bambu yang dipergunakan oleh masyarakat tradisional di Bali.
 
Pandangannya kemudian berlanjut dengan pemikiran untuk lebih mensosialisasikan ide dan unsur alami lokal di tengah – tengah sikap bangga akan kemewahan dari sebagian besar masyarakat. Berorganisasi merupakan salah satu cara Alice untuk mensosialisasikan idenya. Selain itu, berorganisasi menurutnya juga sebagai salah satu cara untuk bertukar pikiran, diskusi, memperluas relasi, dan melakukan kegiatan bersama. Sebab dalam suatu organisasi  terdapat sekelompok orang yang memiliki ketertarikan yang sama.


Sebagai arsitek yang juga bergerak untuk hal manusia, ruang dan waktu, Alice tidak hanya melakukan kegiatannya di dalam lingkup komunitasnya saja, namun juga kepada masyarakat luas. Alice akan berbagi cerita lebih lanjut mengenai Green Architecture dan kegiatan – kegiatan dalam komunitasnya di Architects Under Big 3 #16 di Jumat pertama tanggal 5 Agustus 2011 pukul 7 malam di Danes Art Veranda.


 
Tentang Elvania Alice Da Rosa :
Perempuan yang lebih dikenal dengan panggilan Alice, menyelesaikan studi arsitekturnya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) pada tahun 2011. Alice sudah memulai kegiatan berorganisasinya semenjak masa perkuliahan dengan turut menjadi anggota Himpunan Mahasiswa Arsitektur UAJY Hima Tricaka) dan turut menjadi koordinator dalam kepanitian berbagai kegiatan antara lain inisiasi maba Fakultas Teknik UAJY, kompetisi desain poster, dan pameran – pameran lainnya. Setelah lulus, Alice kemudian bergabung dengan Green Architecture Community sebagai event manager sampai saat ini.


Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada hari jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada public melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri –di halaman, ruang makan, roof top, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapat sertifikasi dari IAI Bali yang dapat diambil pada AUB3 di bulan berikutnya.


Nama Kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 16
Jenis Kegiatan :  Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Elvania Alice Da Rosa
Hari / Tanggal : Jumat, 5 Agustus 2011
Waktu :  19.00 WITA – 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No 159 Denpasar 80235 Bali Indonesia
Telefon : +62 361 242659
Fax : +62 361 242588
Contact Person :+62 852 370 23827 (Wira Putri), +62 817 542 4643 (Andesita Oki)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3

No comments:

Post a Comment