Monday, October 29, 2012

Press Release: Architects Under Big 3 #31 I Ketut Dirgantara


Architects Under Big 3 #31 I Ketut Dirgantara
“Arsitek, Si Tukang Pencari Masalah…”

MASALAH, MASALAH dan MASALAH, itulah yang ada di benak arsitek ketika akan mulai merancang. Sebelum mulai merancang, arsitek seharusnya menemukan pokok permasalahan akan kasus yang dipecahkan. Mengapa? Karena hal itu akan kembali ke konsep. Menurut Dirga, konsep merupakan “alat” yang berfungsi untuk memecahkan masalah. Ketika permasalahan sudah ditemukan, maka rancangan akan berorientasi untuk memecahkan masalah tersebut melalu ide – ide kreatif (konsep).


Sebagai seorang arsitek pemula, Dirga akan berbagi pandangannya dalam penerapan suatu konsep dalam perancangan arsitektur melalui proyek, sayembara dan tugas kuliah terkait. Karena bagi Dirga, konsep rancangan dapat dinilai dari bagaimana arsitek menyikapi suatu permasalahan dengan karakter dan gayanya sendiri.

Tentang I Ketut Dirgantara:
I Ketut Dirgantara, atau Dirga, lahir pada tahun 1986. Pada 2008, ia menyelesaikan S1 arsitekturnya di Universitas Udayana dan pada 2011 menyelesaikan S2 di ITB. Dia mengikuti banyak kompetisi dan memenangkan beberapa diantaranya. Saat ini, Dirga bekerja sebagai arsitek di SWARCO TRAFFIC SYSTEM GMBH di Ubud dan Team Master Planning Monkey Forest Ubud.  

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada hari Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, dek, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama Kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 31
Jenis Kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : I Ketut Dirgantara
Hari / Tanggal : Jumat, 2 November 2012
Waktu : 19.00 WITA – 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-817-542-4643 (Andesita Oki), +62-878-382-897-24 (Jhe)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3

No comments:

Post a Comment