Tuesday, May 21, 2013

Press Release : Architects Under Big 3 #38 Bali Berkebun


"Urban Farming Community"

Dari tahun ke tahun Bali mengalami perkembangan yang sangat pesat dan cukup menyeluruh di berbagai daerah. Pariwisata yang diunggulkan pulau ini menjadi aset pemerintah daerah dan menjadi daya pikat utama para investor lokal maupun asing untuk menginvestasikan berbagai bisnisnya di pulau ini. Tetapi, dampak lain dari pembangunan yang sangat cepat itu adalah terbatasnya ruang terbuka hijau, serta lahan yang semakin sempit dengan harga tanah yang semakin meningkat.

Urban farming merupakan salah satu konsep yang mengoptimalkan lahan terbatas menjadi lebih produktif dan juga untuk memberikan ketahanan pangan. Bali Berkebun yang merupakan bagian dari Indonesia Berkebun adalah sebuah komunitas yang menggunakan program urban farming untuk menyebarkan semangat positif agar lebih peduli terhadap lingkungan perkotaan. Dengan menerapkan 3 konsep, yaitu: ekologi, edukasi dan ekonomi, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar melalui peran masyarakat dan komunitas.


Tentang Bali Berkebun:
Bali Berkebun yang merupakan bagian dari Indonesia Berkebun ini terbentuk pada 10 Oktober 2011. Komunitas ini bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan perkotaan dengan program urban farming. Salah satu kegiatannya yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian yang produktif dan hijau. Anggota dari komunitas ini pun beragam dari berbagai bidang dan industri.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya aristekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 38
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Bali Berkebun
Hari, Tanggal : Jumat, 7 Juni 2013
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-878-382-897-24 (Jhe), +62-821-285-556-25 (Kika)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment