Friday, November 29, 2013

Press Release: Architects Under Big 3 #44 Ronaldiaz Hartantyo

"Agritektur"

Berawal dari ide untuk berkontribusi di bidang agrikultur dengan cara mendukung produk produk lokal agrikultur, Ronaldiaz dan tim membuat proposal untuk ikut dalam suatu kompetisi bisnis, Ronaldiaz dan tim berhasil masuk dalam 3 besar finalis, meskipun tidak berhasil membawa pulang hadiah, inti dari tujuan Ronaldiaz dan tim adalah membangun sebuah co-operative bussiness (koperasi) yang mendukung produk produk lokal terutama produk agrikultur, yang diberi nama Agritektur.


Agritektur adalah sebuah toko bahan pangan berbasis desain dan teknologi yang memfokuskan dalam pengembangan dan penjualan produk lokal, Ronaldiaz menghubungkan agrikultur dengan arsitektur adalah dengan cara memberikan nilai tambah pada produk produk lokal dengan memberikan pengalaman ruang arsitektur, karena Ronaldiaz percaya bahwa desain dapat memberi nilai tambah pada produk lokal untuk dapat bersaing dengan produk impor, selain memberi pengalaman ruang arsitektur tujuan Agritektur adalah menjadi penghubung antara komunitas petani di daerah rural dan masyarakat di kawasan urban, maka dari itu Agritektur juga banyak bekerja dengan komunitas lain untuk berkontribusi dalam acara acara seperti ; Agritektur : salad bar, Agritektur : Locavore, Agritektur : Table to Farm dan Agritektur : Makan Udunan, sampai akhirnya mereka berhasil membuat sebuah pasar mingguan di daerah bojong koneng yang disebut Parappa (Pasar Para Petani).

Banyak sekali manfaat dan dampak Agritektur bukan hanya untuk para petani lokal selaku produsen, namun juga untuk konsumen, pengetahuan dan pengalaman mengenai Agritektur akan lebih banyak di bahas oleh Ronaldiaz selaku CEO,dalam beberapa hal seperti dampak sociopreneur, manfaat, model bisnisnya, serta bagaimana penggabungan desain dan teknologi agar dapat meningkatkan daya jual produk lokal.

Tentang Ronaldiaz :
Ronaldiaz Hartantyo, atau Ronaldiaz, lahir pada 4 Februari 1990 di Jakarta. Menyelesaikan studi arsitekturnya di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2012. Bermula dari kompetisi bisnis, Ronaldiaz berhasil mengembangkan ide bisnis Agritektur menjadi bisnis yang bermanfaat bagi para produsen produk Agrikultur dengan meningkatkan nilai tambah produk melalui desain Arsitektur.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 44
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Ronaldiaz Hartantyo
Hari, Tanggal : Jumat, 6 Desember 2013
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-821-285-556-25 (Kika), +62-856-481-099-11 (Tita)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment