Monday, February 29, 2016

Press Realese : Architects Under Big 3 #71 Shika Swaroop

“BACKWARDS INTO THE FUTURE: A WALK THROUGH 5000 YEARS OF HISTORY”

Warisan budaya dan alam yang kita miliki adalah sumber dari kehidupan dan inpirasi yang tidak dapat tergantikan. Mereka adalah ujian, poin acuan, dan identitas kami.
Ketertarikan Shika pada sejarah mencapai puncaknya di umur yang masih sangat muda, yaitu saat Shika masih di bangku sekolah. Namun biar bagaimanapun, semasa Shika kuliah  sebagai sarjana arsitektur adalah masa dimana saya benar- benar memulai untuk menghargai betapa pentingnya budaya dan warisan pusaka. Enam semester mempelajari sejarah arsitektur telah membuat Shika terkesan dengan betapa kayanya warisan arsitektur pusaka, tidak hanya di India,tapi juga di dunia.

Menjadi seorang “gadis kotar”, Shika mulai kehilangan sentuhan kekayaan negara Shika di masa lampau. Setelah menghabiskan beberapa waktu traveling secara meluas ke seluruh India, Shika terpikat dengan pesona kehidupan, dari keagungan arsitektur Islam, kesakral-an Candi, hingga tempat tinggal yang sederhana untuk masyarakat umum. Setiap batu bata pun mempunyai sebuah cerita dan makna tersendiri yang bisa diceritakan.

Salah satu pengalaman yang sangat membuka wawasan Shika adalah saat Shika bekerja dengan INTACH (Indian National Trust for Art and Cultural Heritage) pada proyek konservasi sebuah area peninggalan Inggris. Warisan budaya India yang sangat indah telah hancur karena perang dan penjajahan dari negara luar. Tetapi, pembelajaran mengenai arsitektur dari masa ke masa telah memberikan pencerahan pada Shika untuk menjadi orang yang berpikiran ke depan.

Tentang Shikha:

Shika lahir pada tanggal 24 Oktober 1992 di Orissa, India. Ia menempuh pendidikannya sarjana nya di B.M.S School of Architecture, Bangalore sejak tahun 2011 hingga sekarang. Saat ini, Shikha menjalani kerja praktek nya di Popo Danes Architect, Bali, dan membantu Popo Danes untuk menerbitkan sebuah buku. Ia pun pernah menjalani pelatihan bersama INTACH ( Indian National Trust for Art and Cultural Heritage) pada acara Architectural Conservation and documentation (2013).

Tentang Architects Under Big 3 :

Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda usia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non-formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri –di halaman, ruang makan, roof top, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama Kegiatan : Architect Under Big 3
Edisi : 71
Jenis Kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Shika Swaroop
Hari / Tanggal :  Jumat, 4 Maret 2016
Waktu : 19.00 WITA – 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda. Jl. Hayam Wuruk No 159 Denpasar 80235, Bali, Indonesia
Telefon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-81-238-443-09 (Gian), +62 – 85- 725-1550-42 (Dini)
Blog : architectsunderbig3.blogspot.com
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3
Instagram : @underbig3

No comments:

Post a Comment