Saturday, June 4, 2016

Post Event Release: Architects Under Big 3 #74 Widyaningsih Gunawan Widjaja

 Presenter AUB3 #74, Widyaningsih Gunawan Widajaja


AUB3 telah mencapai edisi yang ke 74 dimana pada edisi kali ini menghadirkan seorang presenter yang datang jauh-jauh dari kota Surabaya, yakni Widyaningsih Gunawan Widajaja. Widya merupakan lulusan sarjana arsitektur Universitas Kristen Surabaya yang memperoleh predikat mahasiswa berprestasi pada periode kelulusannya.

Ia berbagi cerita mengenai tugas akhir nya yang mengangkat issue tentang ibu hamil. Yang membuat tugas akhir ini menjadi semakin menarik karena tugas akhir ini lah yang kemudian membawa namanya tercantum di beberapa media massa di Surabaya. 



 Audiens AUB3 #74

Widya memulai cerita nya dengan menjelaskan bagaimana sebuah cerita dari orang-orang di sekitarnya dapat memberi dampak  positif untuk para ibu hamil melalui arsitektur. Widya memahami mengenai kurangnya pengetahuan ibu tentang penting dan riskan nya masa kehamilan, yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak nantinya. Dari sini pula ia mempunyai ide untuk merancang sebuah wadah all-in-one bagi para ibu hamil dimana mereka dapat memperoleh pengetahuan dan informasi seputar kehamilan. Fasilitas ini nantinya dapat memenuhi kebutuhan mendasar bagi ibu hamil, seperti berkonsultasi dengan dokter-dokter yang ahli di bidangnya, bertemu dengan ibu hamil yang lainnya sehingga mereka dapat bertukar informasi, dan lain sebagainya. Pembagian zoning ruang diatur berdasarkan perilaku ibu hamil. Karakter setiap ruang ia rancang berdasarkan tujuan dan kebutuhan ruang terhadap pengguna utamanya. 

AUB3 ini kemudian berlanjut ke sesi diskusi yang dibuka dengan satu pertanyaan dari Herdiyanto. Ia bertanya mengenai sistem evakuasi yang ia anggap masih asing di telinga nya. Widya sempat menjelaskan bahwa ia menerapkan sistem evakuasi pesawat pada bangunan fasilitas ibu hamil yang ia rancang ini. Mengingat keterbatasan fisik seorang ibu hamil yang memungkinkan tidak kuat lagi untuk berjalan saat proses evakuasi berlangsung seperti saat terjadinya kebakaran, dapat dievakuasi melalui sebuah perosotan yang disediakan dari lantai 2 ke lantai 1. Herdiyanto ingin mengetahui apakah sistem ini pernah di aplikasikan sebelumnya pada bangunan ataukah ini merupakan ide yang memang baru muncul pada benak Widya. Widya menerangkan bahwa ini merupakan hasil dari proses diskusi nya dengan seorang dosen pembimbing, yang kemudian membuat Widya berpikir ulang mengenai proses evakuasi seperti apa yang cocok, yang kemudian terbesit di benak Widya mengenai proses evakuasi yang ada di pesawat.



Para Penanya, Herdiyanto, Dini, serta Made Harris

Kemudian pertanyaan kedua datang dari Dini mengenai cerita tugas akhir Widya yang diliput oleh media-media yang ada di Surabaya. Widya bercerita memang pada awalnya di Universitas Kristen Petra akan selalu ada yang ditunjuk untuk mewakili tugas akhirnya diliput oleh media melalui sebuah proses audisi. Dan pada akhirnya Widya terpilih di antara ribuan lulusan pada periode nya. Pertanyaan berlanjut mengenai sistem yang diterapkan pada fasilitas ibu hamil ini yang tidak memungkinan untuk menginap, sehingga pengguna fasilitas ini hanya dapat menggunakan nya tanpa menginap. Serta fasilitas pendukung seperti apa yang disediakan untuk pendamping ibu hamil ini. Fasilitas yang tersedia berupa tempat penitipan anak, karena ibu hamil yang datang ke sini bukan berati mengandung anak pertama, serta area tunggu untuk para suami ataupun keluarga yang mengantar.

Pertanyaan terakhir datang dari Made Harris yang bertanya mengenai kemungkinan Ibu hamil yang melahirkan saat mengandung pada usia kandungan yang sudah besar di fasilitas tersebut. Widya pun menjelaskan bahwa ibu melahirkan akan melalui fase-fase bukaan yang masih memungkinkan membawa ibu hamil tersebut ke rumah sakit atau bidan terdekat mengingat kawasan yang akan didesain fasilitas ini berdekatan dengan beberapa rumah sakit.

Kemudian acara ditutup setelah pertanyaan ketiga mengingat hari semakin larut malam dengan pemberian sertifikat oleh ketua AUB3 pada Widya. 

Pembagian sertifikat AUB3 untuk presenter AUB3 #74


Presenter serta pada peserta AUB3 #74

No comments:

Post a Comment