Wednesday, June 29, 2016

Press Release : Architects Under Big 3 #75 Vastu Studio

Architects Under Big 3 #75 Vastu Studio

Architect by dummies

Membangun studio arsitektur oleh pemula

Berawal dari kebosanan menjadi karyawan saat melakukan kerja praktek, 3 mahasiwa yang bernama Belly, Davin, dan Harsyadika memiliki angan- angan untuk memiliki konsultan sendiri. Disaat itu mereka juga memiliki dilema tentang mendirikan biro konsultan dengan tenaga kerja yang bisa dibilang hampir tidak memiliki pengalaman. Keraguan dan kesulitan dalam melangkah membuat mereka bertiga menjadi merasa tertantang dan mencari contoh maupun nasehat dari para senior mereka. Pertimbangan terbesar yang mereka dapat adalah mencari pengalaman bekerja dalam biro konsultan yang sudah berjalan terlebih dahulu. Namun, dengan dorongan berupa tantangan dari seorang dosen pembimbing, setelah lulus secara resmi dari perguruan tinggi, mereka langsung mendirikan Vastu Studio sebagai jawaban tantangan bahwa mereka bisa berusaha untuk mencoba langsung.


Setiap profesi memiliki ceritanya sendiri, begitupun menjadi seorang arsitek muda seperti mereka. Banyak twist di setiap petikan pekerjaan yang mereka ambil dan membuat mereka merasa ragu untuk membaca lembar selanjutnya dalam profesi ini. Namun itulah seninya dalam bekerja, tidak semua hal terasa mudah, pasti ada jatuhnya untuk bangkit, pasti ada nangisnya untuk senyum, dan pasti ada gelapnya untuk terang.

Selama hampir dua tahun berjalan, memang mereka belum pernah merasakan menganggur yang cukup lama. Proyek dengan baiknya datang menghampiri mereka tanpa perlu mereka cari. Tapi sekarang mereka sedang mengalami masa paceklik. Dua proyek memang sedang dalam masa konstruksi, tetapi sudah tidak menghasilkan uang lagi. Sambil menikmati masa-masa paceklik ini, mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yang mungkin bisa menghasilkan. Paling mudah, bisa memulai dari hobi. Selain di bidang design and build, mereka juga bergerak di bidang dokumentasi. Di dalam Vastu Studio, mereka menspesialisasikan diri untuk mendokumentasi karya karya di bidang arsitektur.


Tentang Vastu Studio:

Vastu Studio berdiri langsung sesaat kelulusan tiga mahasiswa (Belly Munandar, Davin, M.Harsyadika) sarjana arsitektur Institut Teknologi Bandung saat Oktober 2014. Pendirian studio ini merupakan tantangan dari salah satu dosen pembimbing terhadap mahasiswa yang dilihatnya takut untuk mendirikan studio baru saat lulus.  Selain menjawab tantangan, Vastu Studio merupakan perbandingan alternatif pembelajaran dari belajar langsung dengan teman-teman yang bekerja di konsultan. Vastu Studio selain bergerak di bidang design and build , juga meranah di bidang dokumentasi khususnya arsitektur.


Tentang Architects Under Big 3:

Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 75
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Vastu Studio
Hari, Tanggal : Jumat, 22 Juli 2016
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-857-2515-5042 (Dini); +62-857-9287-7650 (Eric)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3
Instagram : @underbig3

No comments:

Post a Comment