Wednesday, July 3, 2013

Press Release: Architects Under Big 3 #39 Putri Wiwoho

"Bermimpi Lewat Bambu"

Dewasa ini konsep eco design menjadi penerapan di segala bidang, terutama arsitektur. Eco design dengan artian yang lebih luas adalah penggunaan prinsip serta strategi desain secara ekologi dalam merancang suatu bangunan yang ramah lingkungan dan cara hidup manusia sehingga dapat berintegrasi dengan baik terhadap lingkungan alam sekitarnya. Desain ekologis bertujuan untuk mencapai perancangan yang ramah lingkungan dengan menerapkan secara total baik itu integrasi fisik, sistem, dan temporal. Eco design juga mengacu pada desain yang berkelanjutan (suistainable design) yaitu konsep untuk memperhatikan seluruh aspek desain mulai dari perancangan, eksekusi, pemilihan material, pencetakan, dan pendaurulangan setelah suatu produk dipakai. Semuanya dilakukan untuk mengurangi efek pembuatan produk terhadap lingkungan.


Konsep inilah yang dipakai oleh Putri. Sebagai desainer interior di salah satu biro arsitek di Bali yang bergerak dalam arsitektur bambu, Putri sangat memperhatikan konsep ini dalam pemilihan bahan dan desain. Bahan baku yang digunakan adalah bambu lokal, yang diambil dari pengembangan berkelanjutan (perkebunan) sehingga terus dapat dikembangkan dan menghasilkan stok yang banyak. Bambu - bambu ini dapat digunakan untuk eksperimen arsitektur selanjutnya. Apalagi pemanfaatan bambu sebagai material interior sangatlah berbeda dengan material lainnya. Bambu memiliki sifat unik yang dapat melahirkan karya - karya luar biasa. Hal inilah yang akan dibahas oleh Putri, seorang desainer interior yang sangat tertarik dengan bambu.


Tentang Putri:
Putri Wiwoho, atau Putri, lahir pada 10 April 1987 di Singaraja. Menyelesaikan studi arsitekturnya di Universitas Udayana pada tahun 2009. Sejak bergabung dengan PT. Bamboo Pure pada tahun 2011, Putri menyatakan lebih banyak bisa berkreasi dan belajar banyak hal baru lewat keunikan sifat bambu.


Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 39
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Putri Wiwoho
Hari, Tanggal : Jumat, 12 Juli 2013
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-878-382-897-24 (Jhe), +62-821-285-556-25 (Kika)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment