Wednesday, August 21, 2013

Press Release: Architects Under Big 3 #41 RMIT School of Architecture & Design Workshop

"Future Ubud"

Pesona alam dan keunikan ragam budaya Ubud, seolah menjadi magnet yang besar bagi para wisatawan. Keindahan alam dan kegiatan yang sarat dengan seni budaya senantiasa mewarnai ritme kehidupan masyarakat Ubud. Namun Ubud tidak lagi sehijau dahulu. Saat ini, transformasi wajah pedesaan Ubud tampak begitu nyata. Pedesaan nan asri dengan pemandangan sawah terasering tergantikan oleh derap laju pariwisata yang semakin mendesak hingga kepelosok Ubud.

Dalam kurun waktu 15 tahun, Ubud bertransformasi dengan sangat cepat. Pariwisata yang awalnya menjadi semangat baru bagi masyarakat Ubud dalam berkesenian kini perlahan berubah menjadi bumerang bagi kelangsungan tatanan ruang dan budaya mereka.


Menyikapi fenomena tersebut, RMIT memilih "Future Ubud" sebagai tema workshop tahun ini. "Future Ubud" workshop merupakan projek kolaborasi antara RMIT School of Architecture & Design dan Universitas Udayana. Workshop ini akan membawa para mahasiswa untuk lebih memahami sekaligus mendokumentasikan dan menggali sejarah dari kota itu sendiri. Elemen terpenting dari workshop ini adalah simposium yang akan turut mengundang beberapa tokoh dan elemen masyarakat dari arsitektur, landsekap, teknik, perencana kebijakan tata ruang serta para pengrajin tradisional, penulis, penyair, seniman serta sejarahwan guna mendapatkan gambaran yang mendetail tentang kawasan Ubud.

Hasil dari simposium ini diharapkan dapat menambah wawasan baru serta memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang Ubud dan fenomena sosial budaya yang terjadi didalamnya sehingga dapat lebih detail dalam menyikapi potensi, fenomena dan permasalahan Ubud didalam workshop.

Tentang RMIT School of Architecture & Design Workshop:
RMIT (Royal Melbourne Institute of Technology) School of Architecture & Design merupakan sekolah arsitekturyang berada di Melbourne, Australia. Sebagai bagian dari proses pembelajaran, RMIT selalu mengadakan workshop tahunan. Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan jaringan antar mahasiswa dari berbagai universitas, pemikiran konseptual, kritik dan analisis subjek, serta interaksi antara profesi arsitek dengan masyarakat. Workshop tahun ini diadakan di Ubud pada 5 - 12 September 2013 dan mengambil "Future Ubud" sebagai temanya.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 41
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : RMIT School of Architecture & Design Workshop
Hari, Tanggal : Sabtu, 7 September 2013
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-878-382-897-24 (Jhe), +62-821-285-556-25 (Kika)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment