Wednesday, January 14, 2015

Press Release : Architects Under Big 3 #57 Jeanne Elisabeth

"Strolling Around Kansai"
A story of Ando Tadao Program

Jeanne Elisabeth atau yang biasa dipanggil Jhe, berkesempatan untuk berpartisipasi ke dalam sebuah program internasional yang didanai oleh Ando Tadao pada Oktober 2014, yaitu Osaka Invitational Program for Short-Terms Overseas Trainees in Architecture and Arts atau yang biasa disebut dengan Ando Tadao Program. Program ini merupakan program jangka pendek untuk mahasiswa atau arsitek muda dari Asia di bidang seni dan arsitektur.

Ando Tadao Program 2014 diikuti oleh 8 mahasiswa atau arsitek muda dari berbagai negara, antara lain 2 dari Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, China, India dan Nepal. Secara garis besar kegiatan di dalam Ando Tadao Program ini adalah pelatihan di perusahaan arsitektur dan konstruksi di Osaka, mengunjungi proyek Ando di sekitar Kansai, dan international studio bersama mahasiswa arsitektur. Melalui program ini, Jhe berkesempatan untuk magang di salah satu perusahaan tertua di Osaka yakni Zenitaka Corporation, dimana selama masa pelatihannya Jhe berkesempatan untuk menjelajahi wilayah Kansai bersama staf dari departemen desain Zenitaka.


Melalui petualangan kali ini, Jhe diperkenalkan dengan arsitektur dan budaya Jepang, khususnya di kawasan Kansai. Jhe merasa kagum bahwa bangunan bangunan tua masih hidup berdampingan bersama-sama hingga saat ini, di antara bangunan modern, serta belajar mengenai teknik konstruksi dan elemen desain. Melalui diskusi kali ini, Jhe akan berbagi lebih banyak mengenai tempat yang sudah dikunjungi selama berada di Kansai serta pengalaman dan pengetahuannya selama mengikuti program Ando Tadao.

Tentang Jeanne :
Jeanne Elisabeth atau yang biasa dipanggil Jhe, lahir pada 3 Januari 1988 di Yogyakarta. Menyelesaikan studi arsitekturnya di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2011. Sejak kuliah, Jhe tertarik dengan perkembangan arsitektur di luar Indonesia sehingga banyak mengikuti studio kolaborasi dengan mahasiswa arsitektur dari berbagai negara di Asia. Ando Tadao Program ini merupakan salah satu kesempatan untuk lebih mengenal perkembangan arsitektur di Jepang. Saat ini, Jhe bekerja sebagai seorang arsitek di Habitat 5.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 54
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Jeanne Elisabeth
Hari, Tanggal : Jumat, 16 Januari 2015
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-81-999-4014-12 (Tita); +62 – 85- 935-3747-39 (Nano)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment