Friday, June 26, 2015

Press Release : Architects Under Big 3 #63 Tobias Kea, Lecia Mona, Rachel Febrina, Rizky Rachmadanti, Alexander Octa

­"Serangan, Peranan Arsitektur dalam Mengembalikan Sistem Kehidupan yang Hancur di Tanah Reklamasi"

Serangan ide-ide dalam meregenerasi kehidupan yang telah mati di tanah reklamasi, Pulau Serangan. Ide yang dilihat dari perspektif arsitektur dan hubungannya dengan manusia beserta lingkungannya dalam menjalankan kembali sistem kehidupan yang berkelanjutan.

Ditengah hirukpikuk teriakan "Tolak Reklamasi" Teluk Benoa yang sedang ramai, ternyata ada sebuah pulau hasil reklamasi yang menyebabkan degradasi ekosistem dan perubahan sistem kehidupan lainnya. Pulau Serangan, pulau yang dulunya sempat disebut The Golden Island karena keragaman ekosistemnnya, kini terbengkalai dan terhenti pengembangannya. Perubahan fungsi lautan menjadi daratan secara tiba-tiba dalam jumlah yang besar tentunya merubah sistem kehidupan yang telah berjalan selama bertahun-tahun. Perubahan satu ekosistem berakibat menghancurkan rantai makanan yang ada didalamnya dan sedikit banyak berdampak pada manusia yang bergantung pada ekosistem tersebut.


Lalu apa sangkut pautnya reklamasi dengan arsitektur? Mengapa arsitektur yang harus bertanggung jawab? Banyak yang tidak tahu, bahwa alasan direklamasinya Pulau Serangan adalah untuk kepentingan sebuah perusahaan yang ingin membangun resort di dalamnya, untuk membangun tatanan arsitektur. Alih-alih membuat kawasan indah, pembangunan ini mangkrak dan malah membiarkan ekosistem yang terlanjur rusak dibiarkan begitu saja. Bagaimana arsitektur bisa berperan untuk mengembalikan sistem kehidupan tersebut?

Atas dasar memiliki ketertarikan yang sama pada isu-isu lokal, lingkungan dan sosial budaya yang berhubungan dengan arsitektur. Hal ini lah yang mendorong Tobias, Mona, Rachel, Kiky dan Octa berkolaborasi untuk pertama kalinya dalam mengikuti kompetisi FuturArc Prize 2015 kategori profesional.

Tentang Tobias, Mona, Rachel, Kiky dan Octa :
Tim yang terdiri dari 5 junior architect yang bekerja di biro yang berbeda-beda di Denpasar. Tobias Kea S (Tobias), Alexander Octa Kusuma W (Octa), Lecia Mona Karlina (Mona) merupakan lulusan Teknik Arsitektur UGM angkatan 2008. Sedangkan, Rachel Febrina (Rachel) merupakan lulusan Teknik Arsitektur Universitas Tarumanegara angkatan 2009 dan Rizky Rachmandaty (Kiky) merupakan lulusan Teknik Arsitektur ITS angkatan 2009. Pada dasarnya, kami memiliki ketertarikan yang sama pada isu-isu lokal, lingkungan dan sosial budaya yang berhubungan dengan arsitektur. Hal ini lah yang mendorong kami berkolaborasi untuk pertama kalinya dalam mengikuti kompetisi FuturArc Prize 2015 kategori profesional. Saat ini Tobias dan Kiky bekerja di EFF Studio, Mona di GFAB Architects, Octa bekerja di AEDAS dan Rachel di Word of Mouth.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 63
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Tobias Kea S, Lecia Mona K, Rachel Febrina, Rizky Rachmadanti, Alexander Octa Kusuma W
Hari, Tanggal : Jumat, 03 Juli 2015
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-81-238-443-09 (Gian); +62 – 85- 780-1218-68 (Kity)
Issuu : Architects Under Big 3
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter: @underbig3

No comments:

Post a Comment