Thursday, January 26, 2017

Press Release : Architects Under Big 3 #82 Titus Pandu Wismahaksi & Maria Nersiartista Putri

Architects Under Big 3 #82 Titus Pandu Wismahaksi & Maria Nersiartista Putri

ARSITEKTUR SATIR

Satire adalah sebuah genre dalam sastra, di mana sifat buruk, kebodohan, dan pelanggaran diangkat untuk menyindir; mempermalukan seseorang, pemerintah, atau masyarakat dengan maksut untuk proses pengembangan. Dalam dunia sastra, ekspresi Satire ditujukan untuk membangun kesadaran, menggunakan kejenakaan untuk menarik perhatian akan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Lalu bagaimana peranan arsitektur dalam membangun kesadaran?

Studi kasus akan membahas beberapa karya sayembara yang didalamnya terdapat ‘sindiran’ – dalam arti yang positif – terhadap suatu kalangan atau situasi tertentu untuk membangun kesadaran yang lebih fundamental pada kalangan yang lebih luas. Mereka setuju dengan ungkapan Alvaro Siza bahwa arsitektur dengan kapital A berarti Arsitektur harus dapat menjadi hal yang lain, tidak hanya menjadi solusi fungsional pragmatis.

Beberapa studi kasus yang akan mereka angkat antara lain:


  • Belakang Hotel – 1st Place of FuturArc Prize 2016 Student Category

             “How if a Public Toilet is able to build people’s awareness to make a resilient city?”
  • Adaptive Reuse Bioskop Indra – 1st Place of AGF Competition 2014 by Bina Nusantara University
  • Recconection to Reflection – Honorable Mention of From Limit to Live it International Competition 2015 by Ayuntamiente de Segovia + IE University
  •  Adaptive Rejuvenation of Urban Office – 2nd Place of ITAD Competition 2015 by BCA-SIA-SGBC
           “How if an Office Building is a part of an urban flood protection system?”


Tentang Titus Pandu & Maria Nersi:

Titus Pandu (1993) dan Maria Nersi (1992) lahir di Yogyakarta, keduanya adalah Arsitek lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta tahun 2016. Sejak kuliah, Titus dan Esi seringkali berkolaborasi dalam sayembara; selain meningkatkan kemampuan berarsitektur, juga sebagai proses membangun kematangan dalam partnership firma arsitektur ke depannya.

Tentang Architects Under Big 3:

Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi : 82
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Titus Pandu Wismahaksi & Maria Nersiartista Putri
Hari, Tanggal : Jumat, 3 Februari 2016
Waktu : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi  : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon  : +62-361-242659
Fax : +62-361-242588
Contact Person : +62-857-2515-5042 (Dini); +62-857-9287-7650 (Eric)
Facebook : Architects Under Big 3
Twitter : @underbig3
Instagram : @underbig3

No comments:

Post a Comment