Friday, February 24, 2017

Press Release : Architects Under Big 3 #83 OlindoSitanggang

Architects Under Big 3 #83 OlindoSitanggang 

“HOKKAIDO ARCHVENTURE”

Berpetualang dan berarsitektur merupakan dua hal yang dapat dilakukan bersamaan dalam satu waktu. Belajar tentu tidak hanya mengandalkan pembelajaran di dalam kelas tetapi juga dibutuhkan pengkondisian tertentu untuk mampu meraih layanan pendidikan yang diamanatkan untuk mengaplikasikan empat pilar berikut: learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together.

Prestasi akademik yang cukup memuaskan di UGM masih dirasa kurang dalam bidang pengalaman akademik dan praktek lapangan di dunia internasional. Oleh karena itu, preseden nyata sangat dibutuhkan agar dapat belajar langsung dan sebagai modal bahan riset dalam melanjutkan studi nantinya.

Universitas Hokkaido adalah salah satu universitas tertua, terbesar dan terbaik di dunia. Universitas ini berada di kota Sapporo yang merupakan salah satu kota terbesar keempat yang berada di utara Jepang. Kota ini memiliki banyak bangunan tradisional dan modern. Universitas ini merupakan salah satu universitas yang menjalin hubungan kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Dimana Universitas Gadjah Mada adalah salah satu dari 160 Universitas di dunia yang bekerjasama dengan Universitas Hokkaido dan dapat mengikuti program HUSTEP.Hokkaido University Short-Term Exchange Program (HUSTEP) adalah salah satu program pertukaran pelajar yang memberikan banyak ilmu pengetahuan yang tidak hanya mendapatkan pelajaran arsitektural dan pelajaran lain dalam bahasa inggris, tetapi program ini juga memberikan kesempatan untuk berpartisipasi bersama dengan dosen dan mahasiswa dalam proyek yang sedang berlangsung di Fakultas Teknik Arsitektur di Universitas Hokkaido.

Sebagai sosok yang ambisius dan bermimpi tinggi, Olin menggambarkan diri nya dengan 3 kata yang menginspirasi hidupnya hingga saat ini: “Never stop changing!”

Dalam kesempatan inilah  salah satu cara bersaing dalam hal akademis, berpartisipasi dalam beberapa proyek dengan dosen dan mahasiswa, membawa misi kebudayaan Indonesia, berpetulang, bertemu orang- orang hebat dan membawa nama baik Indonesia di dunia internasional serta menjalin persahabatan dengan para pelajar  dari mancanegara. Waktu senggang ia pergunakan untuk berpetualang arsitektur dengan menjelajah beberapa kota, melihat, merasakan, mempelajari dengan nyata tempat- tempat bersejarah, bangunan- bangunan menarik, struktur, taman,budaya, bahasa, kebiasaan, alam dan manusianya.



About OlindoSitanggang:

Olindo sitanggang lahir di Sumatera Utara, 1993. Ia merupakan lulusan jurusan arsitektur, Universitas Gadjah Mada. Selama di kuliah, ia aktif mengikuti kegiatan-kegiatan social di panti asuhan, dan melakukan pelayanan masyarakat di Lombok Utara, Nusa Tenggara, dan juga beberapa pengalaman kepanitiaan. Selain itu, ia aktif mengikuti pelatihan terkait dengan isu-isu global dunia perarsitekturan. Ia juga sempat kerja sebagai intern di 2 perusahaan yang berbeda saat ia berada di tahun ketiga perkuliahannya. Ia pun dinominasikan untuk dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang selama setengah tahun yang diselenggarakan oleh Hokkaido University Short-Term Program pada tahun 2015, dan mendapat nominasi sebagai 15 desain terbaik di sayembara Pusat Seni dan Budaya oleh Jimbaran Hijau pada tahun 2016. Sekarang ia sedang mencari pengalaman kerja di Inspiral Architects.

Tentang Architects Under Big 3:

Architects Under Big 3 (AUB3) diselenggarakan pada Jumat pertama tiap bulan yang dibawakan oleh arsitek muda berusia di bawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini, arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri - di halaman, dek, roof top, galeri - dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur.

Nama kegiatan : Architects Under Big 3
Edisi  : 83
Jenis kegiatan : Presentasi dan Diskusi
Pembicara : Olindo Sitanggang
Hari, Tanggal : Jumat, 3 Maret 2017
Waktu  : 19.00 - 21.00 WITA
Lokasi  : Danes Art Veranda, Jl. Hayam Wuruk no. 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia
Telepon  : +62-361-242659
Fax  : +62-361-242588
Contact Person : +62-857-2515-5042 (Dini); +62-857-9287-7650 (Eric)
Facebook  : Architects Under Big 3
Twitter   : @underbig3
Instagram  : @underbig3

No comments:

Post a Comment