Tuesday, July 25, 2017

Architect Under Big 3 : #88 Sukinsi Sukawruh


Architect Under Big 3 : #88 Sukinsi Sukawruh
Belajar arsitektur selama 4,5 tahun di kampus tidak membuat saya sepenuhnya mengerti apa dan untuk apa arsitektur itu. Ke tidak mengertian itu sangatlah tepat jika digambarkan dengan kata “keresahaan”. Keresahan tersebut semakin bertambah ketika pada 21 ini orang mulai berlomba-lomba untuk menyelesaikan masalah, khususnya di bidang lingkungan dan sosial, yang secara tidak langsung menjadi sebuah tren yang juga menular ke dunia arsitektur. Hal tesebutlah yang medorong saya untuk menjadi seorang “penggiat” sosial dan lingkungan. Keturut sertaan dalam berbagai aktivitas lingkungan dan sosial tersebut secara tidak langsung membantu saya dalam melihat dan mempelajari beberapa hal dalam hidup, terkhusus arsitektur.

Dalam presentasi yang akan saya berikan, saya tidak akan mengajak para arsitek muda untuk terjun bersama-sama dalam kegiatan lingkungan-sosial, melainkan untuk melihat dan berpikir ulang melalui rekam kegiatan saya di dunia arsitektur, lingkungan dan sosial.

Salam,
Sukinsi Sukawruh

Tentang Pembicara

Sukinsi Sukawruh lahir di Balikpapan, 01 Oktober 1993 adalah lulusan Universitas Brawijaya tahun 2015. Aktif diberbagai organisasi sejak bersekolah, berkuliah, hingga saat ini dalam kegiatan yang terkait dengan lingkungan dan sosial. Saat ini bekerja sebagai “junior arsitek” di Triaco Architect and Development.


 [English Version]

Learning architecture for 4.5 years in the university doesn't make me fully understand what and how is architecture. My lack of understanding about architecture can be depicted as an "anxiety". In the 21st century, people start to solve environmental, and social issues, it has immediately become a trend in an architecture industry. This movement encourages me to become a social and environment "activist". My direct involvement in the social and environmental activities helped me to see and learn about the architecture itself.
In the next AUB3 #88 presentation, I will not ask young architects to directly involved in social and environmental activities. However, I will ask them to see and think again by seeing my involvement in architecture, social, and environmental activities.
Regards,
Sukinsi Sukawruh
About The Speaker

Sukinsi Sukawruh borns in Balikpapan, October 1st, 1993. He was graduated from Brawijaya University on 2015. He actively involves in university and school organization activities related to social and environment issues. Nowadays, Sukinsi works as a junior architect in Triaco Architect and Development.

No comments:

Post a Comment